676 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi dengan latar belakang birokrat dan dosen, tentunya memiliki segudang ilmu dan wawasan. Berbekal itu kali ini didaulat untuk mengisi materi pada Pendidikan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan VI Pemerintah Kota Samarinda.

Rusmadi menyampaikan materi tentang Manajemen Perubahan Sektor Publik di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim, Rabu (5/10/2022).

Diawal materi Rusmadi menyampaikan tentang konsep perubahan yang dikaitkan dalam visi Pemerintah Kota Samarinda, mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.


“Harus ada perubahan. Perubahan yang tumbuh dinamis, tumbuh maju. Growing,” tutur Rusmadi.

Rusmadi mengatakan untuk mencapai itu bisa didapat dengan belajar, baik belajar dengan banyak pengalaman maupun belajar dengan orang-orang sukses. “Bicara masalah kota, berarti belajar dari pengalaman kota-kota yang telah berhasil. Apakah dengan melakukan kunjungan atau melihat secara langsung perubahan. Kita pelajari untuk menjadi bagian sebagai perubahan di daerah kita. Belajar dari banyak pengalaman, belajar dari banyak daerah,” kata Rusmadi.

Rusmadi juga menyampaikan arahan Presiden untuk Perubahan. “Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linier, tidak ada lagi kerja rutinitas, tidak ada lagi kerja monoton, tidak ada lagi kerja di zona nyaman. Harus berubah,” tegas Rusmadi mengutip pidato Presiden.


Rusmadi mengatakan penolakan terhadap perubahan inovatif merupakan tantangan yang harus dihadapi sekaligus resiko yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu melalui penyampaian materi ini diharapkannya peserta PKA yang berjumlah 36 orang tersebut mampu memahami dan menjelaskan konsep manajemen perubahan sektor publik, kepemimpinan dalam manajemen perubahan, strategi perubahan di unit organisasi, tahapan manajemen perubahan dan menganalisa permasalahan perubahan sektor publik dari perspektif manajemen perubahan.(DON/KMF-SMR)

Diskominfo Paparkan Beragam Inovasi Saat Mengikuti Evaluasi Program Menuju Smart City 2022

Berita Sebelumnya

Pemkot Samarinda Miliki Dashboard Portal Satu Data

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar