402 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 355 kota Samarinda dan HUT ke 63 Pemkot Samarinda Tahun 2023 dengan dipimpin langsung Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun selaku Inspektur Upacara di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Sabtu (21/1/2023).

Mengawali pidatonya, Andi Harun mengucapkan selamat HUT kota Samarinda dan HUT Pemkot Samarinda.

“Semoga diusia yang terbilang sangat matang ini, akan lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi dari segala sektor dengan selalu bersinergi antara pemerintah, Forkopimda dan juga stakeholder lainnya guna mewujudkan Samarinda sebagai kota peradaban,” ucap Andi Harun dalam upacara yang disiarkan pula secara Live Medsos Pemkot dan Diskominfo Samarinda.

Andi Harun menyampaikan hal yang patut disyukuri bahwa pengembangan, pembangunan kota Samarinda dari masa ke masa terus mengalami kemajuan. Menurutnya berbagai capaian-capaian penghargaan yang diraih, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah. 


Ia menyebutkan ada tiga poin besar yang menjadi komitmen Pemkot Samarinda sejak dirinya bersama wakil wali kota Dr Rusmadi diberi amanat k tanggal 26 Februari 2021. Diantaranya adalah pengendalian banjir. 

“Kami terus berkomitmen hingga diakhir masa pemerintahan yang kami pimpin. Bahwa pengendalian banjir adalah program yang super prioritas, sehingga APBD kota Samarinda akan diarahkan secara maksimal untuk program pengendalian banjir secara bertahap dari tahun ke tahun. Dengan rendah hati, kami ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat, sejak tahun 2021, yang dimaksimalkan di tahun  2022, kita melakukan intervensi dengan berbagai macam program pengendalian banjir yang kita lakukan,” katanya.

Tentu lanjutnya ditengah terbatasnya kemampuan pembiayaan alokasi anggaran, apalagi diawal kepemimpinan dihadapkan persoalan pandemi Covid-19 yang akhirnya bisa dilewati bahkan mampu bangkit. 


“Kita juga berhasil ditengah banyak daerah yang tidak mampu bangkit secara ekonomi, kita bisa meningkatkan PAD dari Rp 385 miliar menjadi Rp 717 miliar. Dari APBD Rp 2,7 triliun, hari ini kami umumkan dan persembahkan berkat kerja keras kalian semua para pejabat Pemkot Samarinda didukung penuh TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan seluruh unsur Forkopimda termasuk dunia usaha, masyarakat sebagai penggerak kegiatan ekonomi, APBD dari Rp 2,2 triliun, hari ini secara administratif berjumlah Rp 3,9 triliun tapi secara faktual ada di angka Rp 4 triliun,” tegas Andi Harun bangga.

Menurutnya dengan peningkatan anggaran ini mereka bisa melakukan intervensi pengendalian banjir di Simpang Alaya, DI Pandjaitan, PM Noor, Gunung Lingai dan sekitarnya. “Sejak dua hari lalu diguyur hujan demikian deras, dimana daerah tadi biasanya menjadi langganan, Alhamdulillah berkat izin Allah SWT karena kekompakan kita semua sudah relatif bebas dari banjir. Tentu bebas murni belum,” tandasnya.

Dikatakannya, mereka juga melakukan pengendalian banjir hampir di semua kecamatan dan di tahun depan akan mulai memfokuskan di kawasan Sungai Kunjang dan sekitarnya.


“Kenapa kita lakukan secara bertahap, karena memang anggaran yang Rp 3,9 triliun baru kita capai pada tahun ini. Dan berbagai pekerjaan besar lainnya juga tidak kalah menuntut untuk kita selesaikan bersama-sama, seperti jalan-jalan lingkungan yang dibiayai OPD tekhnis dan sebagian lagi melalui Probebaya yang kita alokasikan 100 juta tiap RT setiap tahunnya,” katanya.

Selain pengendalian banjir, lanjutnya telah dilakukan secara bertahap pembenahan infrastruktur jalan, jembatan dan disisi yang lain dilakukan pembangunan ekonomi agar masyarakat dan pembangunan kota Samarinda kegiatan ekonominya bisa terus berjalan di masa mendatang.

Andi Harun juga menyampaikan Pemkot Samarinda pun mendapatkan beberapa penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional. “Diantaranya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan Pemerintah kota Samarinda, WTP ini sebelumnya telah diraih pendahulu kami (Syaharie Jaang, red). Prestasi yang Pak Jaang telah raih tentu bersama dengan para wakil beliau, menjadi komitmen untuk terus dipertahankan. Alhamdulillah Pak Jaang, prestasi yang telah bapak raih setidaknya sampai detik ini kami pertahankan,” ucap Andi Harun.


Ia mengatakan bahwa bentuk keadaban dan sebagai kota peradaban itu diantaranya adalah menghargai sekaligus mengakui serta melanjutkan hasil-hasil terbaik yang pernah diraih pemimpin pendahulunya.

“Saya dan Pak Rusmadi tentu tidak bisa hadir di podium ini jika tidak karena faktor tarikan sejarah. Tentu saya dan Pak Rusmadi tidak bisa hadir di mimbar yang sangat terhormat ini kalau tidak didahului Pak Syaharie Jaang. Demikian juga oleh para pemimpin sebelumnya. Ada Pak Zairin pernah menjadi pejabat wali kota juga ibu Meiliana. Adalah jejak-jejak yang tidak bisa dihapus. Begitu pula sebelum Pak Jaang ada Pak Achmad Amins, ada Pak Waris Husain dan seluruh mantan wali kota sebelumnya adalah tarikan yang terhubung hingga pada hari ini,” ucapnya.

Dalam upacara ini juga dirangkai penyerahan panji keberhasilan pembangunan dari Pemprov Kaltim sebanyak 10 Panji diserahkan wali kota kepada OPD penerima panji. yang diterima Pemkot Samarinda pada HUT Pemprov Kaltim. Kemudian juga pemberian piagam-piagam penghargaan kepada kepala OPD.(DON/KMF-SMR.Foto:FER)

Wali Kota Samarinda Andi Harun Lepas "Kirab Nusantara" 1 Abad Nahdlatul Ulama

Berita Sebelumnya

Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Sumbangkan Suaranya di HUT TVRI Kaltim

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar