23 Kali

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Front Office Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik di lingkungan Pemkot Samarinda, Senin (11/11).

"Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Untuk itu seiring dengan perkembangannya kualitas pelayanan harus ditingkatkan. Salah satunya keberadaan petugas front office yang handal dan terampil," ucap Asisten  Administrasi Umum Sekretariat Daerah Samarinda Ali Fitri Noor ketika membuka kegiatan di Gedung Traning Center PDAM Jl Cendana Samarinda selama 2 hari 11-12 Nopember 2019.

Ali mengatakan front office memiliki peran penting dalam pelayanan publik karena berhubungan langsung  dengan berbagai macam lapisan masyarakat dan golongan masyarakat. Oleh karena itu, sangat tepat bila para petugas pelayanan publik ini diberi pembekalan secara khusus.

Ali menyebutkan Bimtek ini adalah sebuah langkah awal dalam proses menuju tata pemerintahan yang baik dan merupakan amanah yang harus dijalankan semua instansi pemerintahan. 

"Agenda utama Pemerintah Kota Samarinda saat ini adalah mempercepat pemberantasan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara sinergis dalam rangka mewujudkan good governace, sehingga menuju clean government," ungkapnya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Samarinda, Irmina Idang selaku Ketua Pelaksana manyampaikan tujuan  bimtek ini memberikan pemahaman dan pembekalan kepada petugas front office dalam melayani penggunaan pelayanan dengan harmonis dan sesuai prosedur pelayanan yang telah ditentukan.

"Petugas front office harus mampu memahami peran dan strategi awal memberikan kepuasan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan peserta  yang mengikuti Bimtek sebanyak 40 orang terdiri dari petugas front office penyelenggara pelayanan, BUMD, DPMPTSP dan perangkat daerah secara selektif.

Materi yang diberikan antara lain Tranformasi Layanan Menuju Kinerja Terbaik oleh Dewi Herawati dari PT Bank Mandiri Syariah KCP Pahlawan, Pencegahan dan  Pemberantasan Pungutan Liar Dalam Pelayanan Publik, serta Pengembangan Karakter Budaya Melayani dari Pusdiklat KDOD (P2KP III LAN Samarinda). (kmf10)

Penulis: Eko -- Editor: Doni

Wujudkan Program KOTAKU, Sugeng Minta OPD Kompak

Berita Sebelumnya

Barkati Resmikan Pentas Keliling Sandima Ke Sekolah Sekolah

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar