53 Kali

SAMARINDA. Walikota Samarinda diwakilkan Asisten II Pemerintah Kota Samarinda Nina Endang Rahayu menerima bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Provinsi Kalimantan Timur yang secara simbolis diserahkan pada acara Serah Terima Bantuan CPP Provinsi Kaltim Terhadap Masyarakat Terdampak Banjir Kota Samarinda dan Pandemi Covid-19 se-Kaltim di halaman Kantor Gubernur, Jl Gajah Mada, Selasa (23/06).

 

Kota Samarinda mendapatkan bantuan beras berkualitas medium pada korban pasca banjir di 3 kecamatan Kota Samarinda, yaitu Samarinda Ulu, Samarinda Utara dan Sungai Pinang sebanyak 7.726 Kg untuk 1.030 jiwa dari 5 Kecamatan.

 

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dalam arahannya mengatakan penyerahan bantuan ini amanah UU Pergub Kaltim No.32/2017 tentang Cadangan Pangan.

 

"Ini adalah amanah sesuai UU No.18/2012 dan Pergub Kaltim No.32/2017 mengenai Tanggungjawab dan Peran Pemerintah Daerah dalam menyiapkan dan mengatasi permasalahan pangan dengan menyiapkan cadangan pangan dari APBD Provinsi maupun Kabupaten Kota se-Kaltim," kata Isran.

 

Orang nomor satu di Provinsi Kaltim ini berharap kepada semua pihak baik dari Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTHP) maupun instansi terkait dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

 

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPTHP  Provinsi Kaltim, Dadang Sudarya dalam laporannya menyebutkan cadangan Pemerintah Provinsi Kaltim yang akan diserah terimakan tersebut bersumber dari dana APBD sebanyak 373 ton beras berkualitas medium yang disimpan di gudang bulog.

 

"Berdasarkan Pergub Kaltim No.32/2017 tentang Cadangan Pangan, Pemerintah Provinsi dapat menggunakan untuk penanganan daerah rawan pangan dan penanggulangan masyarakat miskin," ucap Dadang.

 

Untuk dampak pandemi Covid-19 lanjut Dadang, sebanyak 126.350 Kg diserahkan kepada 16.842 jiwa yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. (fer/don/kmf-smd).

Samarinda Raih WTP Keenam Kali

Berita Sebelumnya

Gandeng Perusahaan Asal Korsel Dan Singapore, Bandara APT Pranoto Bakal Punya Laboratorium PCR

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar