37 Kali

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda dalam waktu dekat akan kembali membuka lelang jabatan Dewan Pengawasan PDAM Tirta Kencana Samarinda untuk unsur independen.

Pasalnya, pada lelang yang pertama hanya dua kandidat saja yang lolos tahapan. Mereka adalah Kepala Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah dan Assisten I Sekkot Tejo Sutarnoto dari unsur Pemerintah atau non independen. Kedua ini merupakan pejabat teras kota. 

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin kepada wartawan di rumah jabatan walikota, Kamis (16/5).

Dijelaskan Sugeng, sesuai dengan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 19, pejabat Dewan Pengawas terdiri dari instansi pemerintahan dan independen.

Lanjut dia, dua yang lolos dari unsur pemerintah tersebut salah satunya akan dipilih Wali Kota. Sementara yang diperlukan untuk Dewan Pengawas PDAM sebanyak tiga orang. Terdiri 1 instansi pemerintahan dan 2 dari independen.

Oleh sebab itu, sebut Sugeng Pemkot  membuka lagi lelang ini khusus untuk independen. “Siapapun bisa ikut lelang ini,” kata Sugeng.

Sementara itu, hasil uji kelayakan dan kepatuhan yang belum lama

Ini telah dilaksanakan dari 8 orang yang mengikuti seleksi penjaringan untuk unsur independen tadi, hanya 2 orang yang memiliki nila akhir diangka 7, yakni atas nama Sugito dengan nilai 7.45 dan Fathoni Rozaki dengan nilai akhir 7.40. Sedangkan peserta lainnya masing-masing memperoleh nilai dibawah tujuh.

Diterangkan Sugeng, dibukanya kembali lelang Dewan Pengawas ini semata-mata demi meningkatkan kualitas PDAM dalam melayani masyarakat.

Sugeng mengatakan apakah layak Dewan Pengawasan itu tingkat keilmuannya lebih rendah ketimbang Direksi.

“Ya kalau direksinya 100 persen. Dewan Pengawasan harusnya 150 persen. Makanya dicari yang berkompeten supaya bisa meningkatkan kualitas dan pelayanan air ke masyarakat,” pungkas Sugeng.KMF4

Penulis: Ahmad Haidir

Di Nur As-Sunnah Palaran, Jaang Ingatkan Jaga Kondusif Kota

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kualitas dengan Pendidikan Berbasis Zonasi

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar