138 Kali

SAMARINDA. Jelang Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang, Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda Tejo Sutarnoto melaksanakan Rapat Pemantapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Command Center, Diskominfo Kota Samarinda, Selasa (24/11).

 

Rapat yang diselenggarakan via Video Conference ini dihadiri seluruh camat dan lurah se Kota Samarinda. Hal ini dimaksudkan agar setiap daerah melaporkan bagaimana kesiapan mereka menghadapi pesta demokrasi yang akan diadakan 2 minggu mendatang.

 

Mengingat masa pandemi yang masih belum berakhir, camat dan lurah diwajibkan untuk berkoordinasi kepada KPU agar setiap TPS harus mematuhi protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun. Kemudian disusul oleh tes rapid kepada setiap petugas TPS untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

 

Tejo mengharapkan agar setiap camat dan lurah agar selalu berkoordinasi kepada TPK dan TPS di daerahnya masing masing dalam hal rencana pembentukan atau pendirian TPS.

 

"TPS nantinya bukan hanya menjadi tempat pemungutan suara, tapi akan dikunjungi oleh Walikota dan Forkopimda,” ujar Tejo.

 

Tidak semua TPS akan dikunjungi rombongan Walikota, tetapi TPS terpilih yang memiliki area yang cukup lapang dengan lahan parkir yang memadai dan memiliki tingkat kepedulian untuk memilihnya yang tinggi. Mengingat hari pemilihan yang semakin dekat, camat dan lurah diwajibkan untuk selalu melaporkan kesiapannya.

 

"Sehari sebelum hari H, tim dari Kesbangpol akan memonitoring TPS untuk melihat kesiapan. Tidak semua tempat dijangkau, tapi saya harap camat dan lurah selalu melaporkan kesiapannya kepada Kesbangpol,” tegas Tejo. (hir/don/kmf-smd)

 

Kemendagri Sosialisasikan dan Latih Penginputan APBD SIPD

Berita Sebelumnya

Menkopolhukam Minta Agar Pilkada Serentak Harus Kondusif, Jaang Siap Mendukung

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar