1717 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Meskipun gelombang pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menggoyang sektor perekonomian hingga saat ini, Kota Samarinda yang telah menginjak usia ke 354 tahun masih terus bertahan dan ini tidak terlepas buah kerja keras para pemangku kepentingan di semua sektor untuk saling bersinergi dan berkolaborasi. Alhasil, pembangunan tetap terus berjalan dan torehan prestasi pun masih bisa diraih.

Hal ini disampaikan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Samarinda ke 354 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Samarinda ke-62 tahun 2022, di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Jumat (21/1/2022) pagi tadi.

Selain meraih penghargaan level nasional, Pemerintah Kota Samarinda telah mendapatkan panji keberhasilan pembangunan daerah dari Propinsi Kalimantan Timur sebanyak 7 panji.

“Tentunya saya sangat berterima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan semua pihak yang berani berkomitmen untuk bekerja lebih baik. Ke depannya, saya optimis Samarinda menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara baru yang siap menjadi episentrum pembangunan di wilayah Indonesia Tengah,” kata Andi Harun. 

Andi Harun juga berharap, peringatan Hari Jadi Kota Samarinda ke 354 dan HUT Pemkot ke-62 menjadi titik tolak lahirnya semangat berani berubah, semangat berani berubah menjadi lebih baik dan yang terbaik. “Sudah saatnya kita membangun Kota Samarinda dengan integritas, sinergitas dan kolaborasi,” tegasnya.


Di hadapan para undangan baik dari Pemerintah Provinsi, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh politik juga para Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda terdahulu, Andi Harun mengucapkan terima kasih kepada para pendahulu yang telah memimpin Kota Samarinda, para pejuang, para alim ulama, dan para tokoh Kota Samarinda yang telah memberikan pengabdiannya, serta seluruh warga yang telah mewarnai perubahan Kota Samarinda.

Ia mengatakan berbagai perubahan terus dilakukan dalam rangka mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban. Sehingga tema peringatan Hari Jadi Kota Samarinda dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Samarinda di tahun 2022 ini adalah Samarinda Berani Berubah.

“Perubahan menjadi kunci utama yang harus dimiliki setiap individu, tidak saja dalam konteks peningkatan kualitas diri, tetapi juga menyangkut kualitas hidup masyarakat dan Kota Samarinda secara lebih luas. Apalagi, persaingan kehidupan ke depan tidak akan lebih ringan dibandingkan saat ini. Perkembangan ilmu pengetahuan, terutama di bidang teknologi informasi sangat cepat. Dengan teknologi informasi, seluruh lapisan masyarakat memiliki peluang yang sama besar untuk memenangkan persaingan di berbagai bidang kehidupan,” katanya.

Ia menekankan, ketidakmampuan mengantisipasi segala bentuk perubahan, hanya akan membuat jalan ditempat bahkan tertinggal, sehingga hanya dapat terdiam dan menjadi penonton akan kemajuan dan keberhasilan yang dicapai oleh kota-kota lain.

“Keluar dari zona nyaman tentu tidaklah mudah. Untuk itu, keberanian sebagai pisau tajam dalam proses perubahan. Semangat berani berubah diharapkan menjadi ruh yang dimiliki seluruh lapisan masyarakat Kota Samarinda dalam mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban,” tandasnya.


Dalam upacara itu dirangkaikan pula penyerahan Pataka Panji Keberhasilan Pembangunan kepada kepala OPD, yakni kepala Diskominfo Dr Aji Syarif Hidayatullah yang meraih dua panji bidang Keberhasilan Keterbukaan Informasi Publik dan bidang E-Goverment, kepala Dinas Perdagangan Marnabas Patiroy bidang Sektor Perdagangan, Kepala Dinas Pendidikan Dr Asli Nuryadin bidang Pendidikan, kepala Dinas Tenaga Kerja Wahyono bidang Ketenagakerjaan, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Nurul Mu’minayati bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB (Bangga Kencana) dan kepala Bagian Pemerintahan Arief Surochman bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Juga dilakukan penyematan Satyalencana 30 tahun kepada Emilinus Wasing, Aji Syarif Hidayatullah (20 tahun) dan dr Yulia Fahrina (10 tahun). Piagam pensiun diberikan kepada Asisten II drg Nina Endang Rahayu, Hj Zulhaidah dan Nor Aidah. Penyerahan plang nama jalan KH Abdurrasyid sebelumnya jalan Basuki Rahmat II dan jalan KH Fakhruddin sebelumnya jalan Anggi.

Penghargaan bidang Pramuka diberikan kepada Camat Loa Janan Ilir Syahrudins, penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada SDN 008 Samarinda Kota, Adiwiyata Nasional kepada SDN 008 Palaran dan SMPN 21. Penghargaan juga diberikan kepada PT Menumbar Kaltim, PT Trinity Auto dan PT Mutiara Etam Coal serta penyerahan mobil keliling dari Wali Kota kepada Kepala Disdukcapil Abdullah.

Adapula launching aplikasi RT Digital, launching kartu Komunitas, launching Aplikasi RTPD dan launching Aplikasi Santer—Samarinda Terintegrasi oleh Wali Kota Samarinda ditandai penekanan tombol sirine.(DON-FER/KMF-SMD)


Usai Pimpin Apel HUT Kota, Andi Harun-Rusmadi Ziarah ke Makam Anang Hasyim dan Nusyirwan Ismail

Berita Sebelumnya

Kunjungi Pameran Samarinda Design Hub, Wawali Takjub Dengan Design Produk Kerajinan Pemuda Lokal

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar