73 Kali

SAMARINDA. Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kota Samarinda tahun 2020 harus bisa lebih berkualitas dengan menyajikan program/kegiatan yang rinci dan terukur dalam mengatasi permasalahan dan mengantisipasi isu strategis kota Samarinda tahun 2020.

Demikian arahan Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin ketika membuka Musrenbang Kota Samarinda tahun 2019 untuk RKPD tahun 2020 di aula Bank Kaltimtara, Senin (18/3).

“Musrenbang harus lebih berkualitas sehingga mampu menyelesaikan permasalah kota di sisa kepemimpinan Pak Walikota,” tegas Sugeng.

Oleh karena itu, lanjutnya, RKPD tahun 2020 harus secara mutlak mendukung visi, misi dan 9 agenda prioritas kota Samarinda tahun 2016-2021. Sejalan ini, Pemkot Samarinda telah menetapkan tema pembangunan tahun 2020 yaitu mewujudkan ruang kota yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.

Untuk mendukung pelaksanaan Musrenbang ini, Ia berharap agar menjadikan pelaksanaan Musrenbang sebagai suatu forum dalam melakukan proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat terhadap pembangunan.

“Dalam diskusi supaya dapat melakukan pengerucutan terhadap berbagai usulan yang telah dijaring dari Musrenbang kelurahan dan kecamatan serta dari hasil telaahan pokok-pokok pikiran DPRD, yang disesuaikan kemampuan keuangan daerah dengan tetap mengacu pada tema RKPD tahun 2020 yaitu mewujudkan ruang kota yang berkualitas dan berwawasan lingkungan,” tandasnya.

Diingatkan juga agar tetap mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas sesuai ketentuan dalam menyusun program dan kegiatan prioritas.

“Dapat juga mengusulkan program dan kegiatan yang dapat diusulkan dan dibantu pelaksanaannya melalui APBD Provinsi dan APBN dengan dirumuskan sejalan dengan prioritas dan program kegiatan nasional dan provinsi Kaltim,” pesannya.

Ia mengingatkan agar penyusunan program dan kegiatan APBD tahun 2020 agar tidak menyimpang dari program dan kegiatan yang tertuang dalam RKPD. “Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi dasar pembangunan kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Agenda tahunan ini sendiri dihadiri seluruh pejabat diantaranya Asisten III Burhanuddin, Plt Asisten I Tejo Sutarnoto, seluruh staf ahli dan kepala SKPD se kota Samarinda dan kepala Bappeda Asli Nuryadin.(kmf13)

Jaang Berbagi Motivasi Di Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Berita Sebelumnya

Sinergitas Semua Lini, Wujudkan Daerah Wisata Berdaya Saing

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar