18 Kali

SAMARINDA. Walau dengan cuaca hujan Pemkot Samarinda tetap gelar Upacara Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXIII tahun 2019.  dengan inspektur upacara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endang Liansyah.  Upacara awalnya akan dilaksanakan di halaman parkir kantor balai kota kemudian di pindah ke  teras kantor Balai Kota Jl Kesuma Bangsa Samarinda, Kamis (25/04).

Hadir dalam Upacara tersebut kepala OPD di lingkungan sekretariat kota Samarinda, Camat se-kota samarinda dan sebagai peserta upacara dari Satpol PP dan  perwakilan dari pegawai di lingkungan Pemerintah kota Samarinda.

Dalam kesempatan ini Endang membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo yang mengangkat tema " Meningkatkan Sumber Daya  Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Kreatif dan Inovatif".

Menurutnya tema peringatan ini merupakan refleksi dan eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya dalam menguatkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan  daerah.

Dalam sambutannya juga Tjahjo menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu serentak tanggal 17 april 2019 yang telah berjalan dengan lancar, tertib dan aman, sehingga pelayanan publik dan aktifitas pemerintah terselenggara dengan aman, lancar dan terkendali.

Diakhir sambutannya ada beberapa hal yang ditegaskannya, diantaranya ajakan mengawal Otda  agar selain  diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja pelayanan pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya  manusia melalui kegitan yang kreatif dan inovatif.

Kemudian mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang secara signifikan dan mendukung dalam  memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintah yang sinergis, "pungkasnya. (Kmf10)

Penulis: Eko

Perkuat Peran dan Fungsi, Gelar Rakor Kelitbangan

Berita Sebelumnya

Bersama Wagub, Jaang Tinjau Proyek Jalan Tol

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar