187 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS – Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi ingin memastikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus cepat terselesaikan. Harapannya melalui data DTKS, kedepan dapat memudahkan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat akibat dampak Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Pada hari ini kita melakukan konsolidasi, kemudian karena data ini sudah di sistem kita nantinya perlu dilakukan validasi oleh Camat dan Lurah sehingga tercipta data yang akurat dan tepat sasaran,” kata Wawali saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pemantapan Data DTKS di Ruang Rapatnya, Jum’at (23/7/2021) siang. 

Orang nomor dua di Kota Tepian ini juga mengatakan didalam proses pemutakhiran data yang dilakukan memang harus dilakukan secara berkala, karena pemutakhiran data merupakan proses yang bersifat terus-menerus dan dinamis, sehingga bisa saja ada warga yang berpindah alamat, meninggal dunia, atau mungkin tingkat kesejahteraannya berubah.

“Karena ini terkait dengan pandemi covid-19 sasarannya jangan hanya masyarakat yang sedang isoman saja, yang perlu menjadi perhatian juga adalah masyarakat yang meninggal dunia,” kata Wawali.

Melalui rapat koordinasi lintas instansi tadi, Wawali ingin memastikan proses pemutakhiran data berjalan dengan transparan dan partisipatif. Selain itu, penguatan akurasi data dilakukan dengan dukungan teknologi digital, sehingga selain lebih akurat juga diharapkan semakin cepat.

“Jadi kepentingan kita hari ini yakni dalam rangka memfinalkan data terakhir yang sudah diverifikasi oleh Camat dan Lurah, hasil dari verifikasi dan validasi inilah yang kemudian, kita lakukan verifikasi berdasarkan sistem, tapi sistem ini pun perlu menentukan Camat dan Lurah untuk mengkonfirmasi data tersebut,” pungkasnya.(BAR/CHA/KMF-SMD)


Temui Gubernur, Andi Harun Laporkan Cash Flow Rumah Sakit Lagi “Sesak Nafas” Butuh Dana Talangan

Berita Sebelumnya

Pemakaman di Serayu Dilakukan Tiga Kali Sehari

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar