46 Kali

SAMARINDA. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) diharap mampu menjadi motivasi dalam menggenjot sektor pertanian di Kota Samarinda.

Hal ini terungkap ketika Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang diwakili Asisten III Setkot Samarinda Ali Fitri Noor melepas Pekan Daerah (PEDA) - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke 10 se-Kalimantan Timur di Kabupaten Berau, Jum’at (12/7) pagi.

Dalam sambutannya Ali Fitri menyampaikan KTNA adalah momentum dan kesempatan untuk berkreasi, berinteraksi dan meningkatkan pengentahuan dan keterlampilan di bidang pertanian secara luas, mengingat Kota Samarinda dengan wilayah geografis yang cukup luas, memiliki potensi perairan dan pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Saat ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dalam membangun sektor pertanian, KTNA kita jadikan ajang motor penggerak pembangunan pertanian, diharapkan mampu membantu petani membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis seperti pelaku usaha Agribisnis lainnya," ungkap Ali.

Selain itu, KTNA juga harus menjadi penyalur aspirasi petani dalam keikutsertaan menentukan kebijakan pemerintah daerah di bidang pertanian, sehingga mendorong peran aktif petani serta menumbuhkembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, kelautan, serta kehutanan dalam upaya kemandirian pangan. 

"Oleh karena itu KTNA perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan kemitraan yang menguntungkan bagi kesejahteraan petani dan masyarakat di Kota Samarinda," pungkas Ali (kmf7)

Penulis: Akbar --Editor: Doni

Dialog Bersama Ahok, Jaang Catat Gaya Kepemimpinan

Berita Sebelumnya

Sindang Sari dan Sambutan Ikuti Verifikasi Nasional Proklim

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar