80 Kali

SAMARINDA. Keluarga besar Kantor Kementerian Agama kota Samarinda menggelar acara silahturahmi dan halal bi halal yang diselenggarakan di aula gedung Masjid Baitul Mustaqiem Islamic Center Jl Slamet Riyadi, Kamis (20/06)

Acara ini dihadiri walikota yang diwakilkan kepala Bagian Kesra Setda Samarinda Abdul Jami, perwakilan Mapolresta, Camat Sungai Kunjang, sekretaris Camat Samarinda Kota, pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama akota Samarinda, kepala sekolah serta guru-guru RA, MI, MTs, dan MAN  se kota Samarinda.

Sebelum acara dimulai halal bi halan juga dimeriahkan dengan lantunan nasyid dari siswa MAN 2, habsy dari siswa MTs model, madihin dari siswa MAN 1 Samarinda serta pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh qori terbaik tahun 2019 kota Samarinda Arman S.Pdi.

Dalam sambutan kepala Kementerian agama kota Samarinda, Masdar Amin menyampaikan peringatan halal bi halal tahun 2019 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana di tahun sebelumnya halal bi halal hanya dilakukan di lingkungan Kantor Kementerian Agama saja, tahun ini mereka mengundang seluruh lembaga pendidikan di lingkungan kementerian agama mulai dari RA, MI, Mts serta MA. "Tujuan untuk membangun kebersamaan di lingkungang kementerian agama dengan tidak membedakan antara lembaga pendidikan yang swasta dengan negeri, supaya kita dapat bersama-sama  membawa satu misi pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,”ucapnya.

Masdar juga menjelaskan tentang tema yang diusung kali ini “Perkokoh Ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariyah” dalam rangka  membangun sesama muslim harus terus saling menghargai tidak ada perbedaan agar Islam tetap maju di Samarinda dan Indonesia pada umumnya. 

Dan lanjutnya membangun sebangsa dan setanah air bahwa tidak ada perbedaan suku agama dan bangsa. "Kita menolak dengan adanya kekerasan radikalisme, terorisme. Kita bersama-sama membangung saling menghargai sesama insan khususnya di tanah air serta bahkan antar dunia pun kita harus saling menghargai bukan hanya di Indonesia melainkan juga antar negara, tambahnya.

Abdul Jami mewakili Walikota Samarinda menyampaikan dalam suasana keakraban ini saling memaafkan dari segala dosa dan kesalahan sehingga menjadi orang yang bersih serta siap membuka lembaran baru yang penuh harapan melangkah ke depan dan meninggalkan Ramadhan bulan yang penuh dengan kenangan, dan berharap akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan di tahun yang akan datang.

"Selama  satu bulan di bulan Ramadhan kita sudah digembleng baik mental maupun spiritual kita untuk menjadi manusia yang lebih  baik, terlebih lagi sebagai pelayan masyarakat, kita wajib melayani dengan sebaik-baiknya penuh dengan keikhlasan," katanya.

Diakhir acara halal bi halal juga diisi dengan taushiyah oleh KH Safullah dari Jawa Barat.(kmf10)

Penulis: Eko -- Editor: Doni

Pemkot Samarinda Tuntaskan Program Sesuai Masterplan Smart City

Berita Sebelumnya

Yamin Purna Tugas, Ali Fitri Plt Kepala Inspektur

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar