90 Kali

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang merasa gembira dan berjanji habis-habisan (all out) untuk mensukseskan pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi-Masyarakat Nasional (FORNAS) V tahun 2019, 15-17 November tahun ini di Samarinda, yang mana provinsi Kalimantan Timur dipercaya sebagai tuan rumah.

"Ini momentum luar biasa yang harus kita sambut dan jangan disia-siakan. Selain sebagai ajang perhelatan olahraga tradisional yang dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses. Tentunya kehadiran 15.000 peserta se-Indonesia bakal memberi _multiplyer effect_ lainnya," ucap Jaang dalam audiensi FORNAS bersama Dispora Kaltim, Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) Kaltim dan FORMI Samarinda di kompleks GOR Segiri, Jumat (19/7).

Menurut Jaang selain mengenalkan bahkan bernostalgia dengan olahraga rekreasi-masyarakat ini, juga sekaligus mengenalkan pariwisata daerah, pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk pemberdayaan UMKM lokal.

"Insya Allah kita siap mensukseskan pelaksanaan di ibukota Kaltim ini. Bandara kita sudah ada, hotel-hotel tidak diragukan lagi karena di tahun 2008 lalu kita juga sukses menjadi salah satu kota pelaksana PON Kaltim," imbuh pria kelahiran Long Pahangai Mahakam Ulu ini.

Oleh karena itu, Jaang mengatakan akan kembali melakukan rapat di jajaran OPD terkait di lingkungan Pemkot Samarinda demi menyiapkan diri, sehingga pelaksanaan bisa sukses.

Terkait pelaksanaan yang diantaranya di Bigmall, Jaang meminta ke OPD terkait agar digratiskan, karena biar digratiskan akan tetap memberikan keuntungan bagi pihak Bigmall.

"Yang datang ke Bigmall tidak mungkin mereka tidak berbelanja terlebih makan dan minum. Tolong nanti dihubungi manajemen supaya digratiskan," pesan Jaang.

Sementara Kepala Dispora Kaltim M Sirajudin mengharapkan dukungan penuh Walikota dan jajarannya demi suksesnya Kaltim sebagai tuan rumah FORNAS yang pelaksanaan terpusat dan terkonsentrasi di Samarinda.

"Kita akan menggunakan 4 lokasi pertandingan yang dua diantaranya milik Pemkot yaitu GOR Segiri dan komplek olahraga Polder Air Hitam, selain itu juga dilaksanakan di stadion madya milik Pemprov, serta Bigmall," katanya.

Ia menyampaikan pula, dalam memperkenalkan kerajinan khas Kota Samarinda, mereka juga mendesign maskot FORNAS V/2019 dengan memasukkan motif sarung Samarinda sebagai salah satu bagian maskot yang telah di launching di Jakarta.

"Maskotnya Pesut Mahakam dengan nama Busu atau berarti Paman dalam bahasa Kutai," terangnya.

Dalam FORNAS Kaltim dengan tema "Pemberdayaan Olahraga Rekreasi-Masyarakat Mendukung Kesuksesan Pembangunan SDM Indonesia". Selain festival olahraga, juga ada kegiatan bazaar, pameran, dan gelar budaya.

"Kami berkeyakinan kegiatan ini memiliki dampak positif dalam menunjang perekonomian Samarinda," pungkas Syirajudin. 

Menyongsong FORNAS, ketua FORMI Samarinda Sri Lestari Nusyirwan mengatakan bulan Agustus akan melaksanakan festival bersama Dispora Samarinda sebagai miniatur dari FORNAS nanti. (kmf2)

Penulis/Editor: Doni

Pemkot Gelar Turnamen Catur Tingkat Pelajar Se-Indonesia

Berita Sebelumnya

Lepas 450 Jamaah Haji, Sekda Sugeng Titip Doakan Samarinda

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar