91 Kali

SAMARINDA. Pelaksanaan hari H Pemilu tinggal hitungan hari lagi, tepatnya Rabu 17 April 2019 pekan depan. Istilah serangan fajar di masyarakat menjadi perbincangan hangat. Tak salah bila walikota Samarinda Syaharie Jaang bersama Kapolresta Kombes Pol Vendra Riviyanto dan Dandim Letkol Inf M Bahrodin dalam Apel Siaga / Gelar Pasukan Pengamanan  Pemilu Legislatif dan Presiden tingkat kota Samarinda mengingatkan agar Satlinmas PAM TPS tak terlibat politik uang.

“Dalam dunia politik Indonesia, sering mendengar istilah serangan fajar atau upaya membeli suara masyarakat untuk memilih calon tertentu menjelang Pemilu. Berkenaan ini, kami menghimbau kepada semua Satlinmas PAM TPS untuk tidak terlibat dalam kegiatan yang berkenaan dengan politik uang serta dapat menjaga daerah di lingkungan tempat tinggalnya,” ucap Jaang dalam apel gelar pasukan Pengamanan Pemilu di halaman parkir GOR Segiri, Jumat (12/4) pagi.

Tidak hanya itu, Satlinmas PAM TPS juga diminta memperhatikan pergerakan para relawan atau tim sukses yang melakukan kegiatan politik uang di lingkungan TPS. Karena hal ini dapat menodai asas demokrasi berasaskan kejujuran dan mempengaruhi hak serta hati nurani calon pemilih.

Jaang juga mengingatkan kepada semua petugas pengamanan TPS harus memiliki sikap netralitas agar tidak condong memihak pada calon tertentu. “Gunakan hak pilih masing-masing, tapi petugas PAM jangan mempengaruhi orang lain, khususnya para calon pemilih yang berada di TPS,” pesan Jaang dalam apel yang sempat diwarnai guyuran hujan.

Tak kalah pentingnya, ia mengingatkan agar para petugas menyiapkan kesehatan fisik dan mental dengan bermodalkan disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas terbaik sebagai jati diri Satlinmas yang bersih, jujur, adil dan transparan serta mampu memberikan pelayanan yang optimal dan rasa aman kepada setiap calon pemilih.

Terkait apel siaga yang dilaksanakan, menurutnya merupakan momentum untuk membangkitkan kepedulian serta membangun semangat seluruh masyarakat Samarinda untuk berjalan dalam satu irama, satu gerak langkah dan satu tujuan untuk mensukseskan Pemilu.

“Oleh karena itu, apel hari ini untuk memantau kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Satlinmas beserta unsur terkait sebelum bertugas di lapangan agar dapat berjalan optimal,” pungkas Jaang.(kmf2)

Penulis: Doni

“Stunting, Masalah Kita Bersama” Sugeng: Segera Bentuk Tim Terpadu

Berita Sebelumnya

Walikota: Kedepannya Command Center Bisa Dibuat Rapat Pemkot

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar