70 Kali

SAMARINDA. Tidak ingin menjadi bola liar tanpa diakomodir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sugeng Chairuddin akan memasukan ide-ide brilian generasi milenial Samarinda dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 sehingga menjadi warna baru di APBD Pemkot Samarinda.

Hal ini terungkap dalam ajang Samarinda Creative Talks, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama penggiat kreatif muda Samarinda di Yens Delight Resto, Sabtu (16/2).

"Jadi bagaimana supaya tidak menjadi bola liar ide-ide brilian ini, kita eksekusi. Kebetulan saat ini lagi penyerapan aspirasi masyarakat dan bulan Juni segera kita bahas untuk masuk dalam APBD 2020," ungkap Sekda yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Samarinda.

Menurut Sekda, Bappeda akhir Januari sudah menyelesaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kecamatan dan barusan minggu tadi melaksanakan konsultasi publik membahas RKPD kota Samarinda tahun 2020.

"Adek-adek pasti tidak ada di kegiatan Musrenbang kecamatan dan juga di konsultasi publik, yang ada dari kalangan muda dari mahasiswa aja. Di kegiatan hari inilah nanti sampaikan ide-ide dari komunitas masing-masing untuk kepentingan Samarinsa yang lebih baik, bukan liar di medsos," imbuhnya.

Diharapkan Sugeng, kegiatan ini bisa menjadi kanal komunikasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kota.

"Dari kegiatan hari ini, adek-adek, rekan-rekan berbagai komunitas bisa tahu isi Pemkot dan tahu kesulitan Pemkot. Itulah pentingnya kita komunikasi," tutur Sugeng.

Sugeng juga menjanjikan untuk melibatkan para komunitas kreatif muda Samarinda di kegiatan HUT Samarinda.

"Tahun depan adek-adek kreatif mengeksplore semua kemampuan di HUT kota. Disini kita libatkan dan segera buat konsepnya untuk kita masukkan dalam APBD," imbuh Sugeng lagi.

Sugeng juga menyarankan kegiatan yang menjadi agenda komunitas, supaya bisa disatukan di salah satu dua event kota, seperti HUT kota atau Festival Mahakam. Contohnya kegiatan yang dilakukan Komunitas Mahakam Jazz River dan Komunitas Selili Muda (Semud).

"Yang hari ini belum menyampaikan aspirasinya, bisa ditulis dan sampaikan ke saya. Kalian adalah mitra strategis pemerintah," ucap Sugeng dalam kegiatan yang dipandu MC Setyawan Yogi yang juga Stand Up Komedi Samarinda.

Adapun komunitas maupun penggiat kreatif yang hadir diantaranya Xubjective, Ruangku, Samarinda Kreator, komunitas Band, Harppi, Radio, kuliner online, GEMMPAR, bubuhan Kopi Samarinda, Selili Muda (Semud), stand up Samarinda, Komunitas Skateboard, Komunitas Mahakam Jazz River dan komunitas desain.(kmf2)

Abdoel Moies Hassan Layak Bergelar Pahlawan Nasional

Berita Sebelumnya

200 Peserta Fun Rally Motor Menyebar Di Objek Wisata

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar