1628 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun hadir dalam Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang dipusatkan di Kawasan Citra Niaga, Senin (1/8/2022).

Dalam kesempatan pagi itu, hadir juga  Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi yang turut mendampingi Wali Kota.

Dalam moment HAN tadi, Andi Harun berpesan kepada  seluruh orang tua, pengasuh dan para guru Paud di kota Samarinda agar terus memperhatikan dan memiliki kepedulian dalam menjaga tumbuh dan kembang terhadap anak tanpa adanya diskriminasi.


Tujuan peringatan HAN tahun 2022 melalui  tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, menurut Wali Kota merupakan sebuah manifestasi kesadaran dari masyarakat dan keluarga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan bagi anak-anak.

“Ini menjadi tindakan kolektif dan upaya untuk memenuhi setiap hak dari anak – anak kita. Karena anak masa depan bangsa sebagai roda penggerak dimasa yang akan datang. Ketika kebutuhan anak sudah terpenuhi dan hak mereka terlindungi maka negara ini khususnya Kota Samarinda akan menjadi daerah yang ramah anak,” ucap Andi Harun.

Peringatan HAN, lanjut dia, juga merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen terutama pada empat pilar baik pemerintah, Lembaga masyarakat, dunia usaha dan media didalam menjamin pemenuhan hak-hak anak atas hak hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.


Dirinya juga mengingatkan kepada pihak terkait baik dari Lembaga pendidikan atau diluar Lembaga pendidikan dan media massa agar menjadi leading sector untuk melakukan kerja aktif yang nantinya berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak agar terus memberikan dan mendorong peran. Terutama sambung dia peran keluarga dalam pengasuhan anak yang positif, sehingga mampu menurunkan angka kekerasan terhadap anak serta mencegah dan menurunkan angka pekerja anak atau eksploitasi anak secara ekonomi.

“Kita sekarang sudah memulai pasca pandemi, dimana sekarang terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak yang mengalami berbagai persoalan antara lain penyesuaian kembali anak dalam kehidupan bermasyarakat, belajar dan pemanfaatan waktu luang. Namun demikian, harus tetap menjaga protokol kesehatan dan terus bersemangat,” ujarnya.


Dia berharap agar seluruh lapisan masyarakat terutama orang tua, wajib untuk melakukan upaya perlindungan dan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-hak anak tanpa diskriminasi. Terkhusus kepada Forum Anak Kota Samarinda, tak lupa Wali Kota juga mengucapkan terima kasih atas perannya dalam mendukung pembangunan Kota Samarinda sebagai Kota pusat peradaban menuju Kota layak anak dan responsif gender.

“Saya berjanji tahun depan perayaan Hari Anak Nasional akan lebih meriah lagi dari hari ini,” ucapnya mengakhiri.

Acara peringatan HAN tahun 2022 juga dimeriahkan dengan tarian dan paduan suara yang dimainkan dan dinyanyikan oleh anak anak pelajar TK dan SD.(FER/CHA/KMF-SMD)


Terus Mantapkan Persiapan Sebagai Tuan Rumah Kemendag Award, Mendag Zulhas Pastikan Hadir

Berita Sebelumnya

Pimpin Apel Pagi, Andi Harun Ajak Pegawai Tingkatkan Disiplin, Sugeng Chairuddin Pamitan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar