244 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Wali kota Dr H Andi Harun menghadiri acara  pisah sambut Komandan Denpom VI/1 Samarinda di markas baru Denpom VI/1 Samarinda Jl Slamet Riyadi, Minggu (22/01/2023) malam. Komandan Denpom lama Letkol Cpm Teguh Ariwibowo, S.H digantikan oleh Letkol Cpm Sandri Oktamy, S.H, M.I.P.

Tampak Wali Kota didampingi oleh sang Istri  Hj Rinda Wahyuni.  Selain itu juga hadir Sekretaris Daerah Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan, Asisten I Pemerintah Kota Ridwan Tassa, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Samarinda dan para tokoh masyarakat Kalimantan Timur.



Mantan Komandan Denpom VI/1 Letkol Cpm Teguh Ariwibowo, S.H didampingi istri, dalam sambutannya mengatakan bahwa selama bertugas di Samarinda ia mendapatkan pengalaman yang berharga dan menyenangkan. Terutama dalam hubungannya dengan Forkopimda yang terjalin sangat harmonis.

"Mohon izin kami.  Saya, istri dan keluarga menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingnnya selama ini, selama kami berdinas di Denpom VI/1 Samarinda yang hanya 1141 hari, cuma 3 tahun 4 bulan. Kami sudah banyak diberikan bimbingan, arahan dari segala macam hal. Dari yang baik sampai yang agak baik. Tapi kalau yang nggak baik, nggak ada. Baik semua," ucap Letkol Cpm Teguh dengan gaya berseloroh kepada Wali Kota Andi Harun, Forkopimda  dan Para seniornya di Militer.

Dalam kesempatan ini juga, dia dan keluarga menghaturkan permohonan maaf, apabila telah melakukan kesalahan selama mereka berada di Kota Samarinda, kota tepian yang menurutnya merupakan kota peradaban yang indah. Tak lupa Letkol Cpm Teguh Ari Wibowo pun memohon doa dan restu untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru sebagai Komandan Denpom IV/4 Surakarta.

"Semoga dalam penugasan kami nantinya, kami dapat memberikan yang terbaik minimal seperti saat kami di Samarinda," harap Teguh.  

Komandan Denpom VI/1 Samarinda yang baru, Letkol Cpm Sandri Oktamy, S.H, M.I.P didampingi sang istri Nur Asyura Yulianti Putri Utami, memperkenalkan diri dan menyampaikan sambutannya. Ayah 3 anak ini meminta maaf karena hanya datang berdua dengan sang istri karena 2 orang anaknya tengah menjalani pendidikan di salah satu pesantren di kota Palembang. Sedangkan anak bungsunya masih berada di Jakarta dan dalam waktu dekat akan menyusul mereka ke Samarinda.

Sandri Oktamy juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua yang hadir terutama kepada Wali Kota Samarinda Dr.H. Andi Harun. Apalagi menurutnya sejak belum datang ke Samarinda dia telah mendengar bahwa Wali Kota Samarinda sangat perhatian sekali kepada jajaran TNI dan Polri serta Forkopimda di kota Samarinda.

"Khususnya kepada Denpom VI/1 Samarinda," tandas Sandri Oktamy disambut tepuk tangan mereka yang hadir dalam acara pisah sambut ini.

Selanjutnya Sambutan disampaikan oleh Komandan Korem 091 Aji Surya Natakesuma Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H. Dalam sambutannya Dendi tidak hanya menyampaikan ucapan selamat jalan kepada Letkol Cpm Teguh Ariwibowo, S.H dan selamat datang kepada Letkol Cpm Sandri Oktamy, S.H, M.I.P, tapi juga menjelaskan kepada semua yang hadir tentang pentingnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.



Dendi mencontohkan bagaimana Mujahidin Thaliban bisa menang perang melawan Amerika dan Rusia di Afghanistan, dan bagaimana Viet Cong  juga mengalahkan pasukan Amerika di Vietnam. Semua itu menurut dia karena mereka menyatu dengan rakyat. Perjuangan mereka dalam melawan negara asing mendapat dukungan penuh dari masyarakatnya

Demikian halnya menurut Dandi dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang merupakan perjuangan seluruh rakyat. Rakyat Indonesia bahu membahu denga TNI untuk menjaga integritas dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

 "Makanya TNI itu tidak akan bisa bertempur, tidak akan bisa berperang kalau dukungan rakyat tidak ada," jelas putera kelahiran Kutai Kartanegara ini. Hal ini ujar dia sudah dibuktikan oleh bangsa Indonesia dalam perang kemerdekaan, baik perang kemerdekaan 1 maupu perang kemerdekaan 2.

"Itulah panggung terbaik yang bisa dimainkan bangsa ini dalam mempraktekan Sishankamrata," imbuh Dendi.
 
Sementara itu Wali Kota Andi Harun dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Letkol Cpm Teguh Ariwobowo, S.H yang selama ini telah menjalin kerjasama yang baik dengan jajaran Pemerintah Kota Samarinda dan Fokopimda. Ia menceritakan bagaimana keakraban dirinya dengan jajaran Forkopimda serta TNI/Polri termasuk Komandan Denpom VI/1 Samarinda.

"Jajaran pemerintah kota Samarinda tidak bisa melukiskan kata-kata. Rangkaian kebersamaan dengan pak Dandenpom IV/4 Surakarta ini (Teguh.red), ketika menjabat sejak dimulai sampai hari ini. Apalagi di saat kita memulai tugas bersama-sama, itu lagi parah-parahnya covid. Nah, unsur Forkopimda di Samarinda ini, tidak berlebihan kalau saya katakan bahwa memang kebersamaannya, kemanunggalannya, patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lain," papar Andi Harun menceritakan keakraban dan kekompakan Forkopimda di Samarinda.

Dan disaat covid belum lagi selesai lanjutnya, musibah lain datang. Yakni dampak dari perang Ukraina dengan Rusia, dimana hal ini menjadi perhatian penting dari Presiden Ir. H. Joko Widodo. Sehingga tiap minggu di Istana dan kantor Kementerian Koordinator dilaksanakan rapat koordinasi seluruh daerah.

Bagi Samarinda, menurut Andi Harun kondisi ini termasuk "ngeri-ngeri sedap" karena di kota ini 80% dari makanan pokok dan pentingnya berasal dari Sulawesi dan Jawa Timur. Tentu persoalan inflasi kalau tidak benar-benar diperhatikan jauh lebih detil daripada daerah lain, maka bisa menjadi sesuatu yang merepotkan semuanya.

"Tapi Alhamdulillah Puji Tuhan, berkat kebersamaan teman-teman Forkopimda kota sampai pada hari ini. Dan ini PR juga buat Pak Dandenpom yang baru ini, karena pak Teguh melepas ini sampai kita pada level kategori 5 besar kota terbaik nasional." tutur Andi Harun disambut tepuk tangan hadirin.  Menurut orang nomor satu di Pemerintah Kota Samarinda ini, Samarinda berada di urutan ke3 terbaik dengan inflasi 5,2%, sehingga masih lebih baik dari nasional, bahkan yang terbaik di Kalimantan.

"Sehingga ini prestasi yang harus  kita jaga bersama. Dan ini menjadi konsen Bapak Presiden," tegas Andi Harun. Menurutnya beberaa waktu lalu Dia bersama Kapolres, Kajari, Danrem, dan Dandim, dikumpulkan di Sentul oleh presiden mengenai hal tersebut.



"Bapak Presiden mengatakan bahwa tahun lalu di masa pandemi covid adalah tahun turbolensi ekonomi. Tahun ini, tahun 2023 adalah tahun ujian. oleh sebab itu kita melewati tahun turbolensi ekonomi sebagaimana yang disampaikan oleh bapak presiden dengan baik." lanjutnya. Tidak banyak daera di indonesia ini yang bisa seperti Samarinda.

Andi Harun menjelaskan bahwa disaat covid, daerah lain APBD dan PAD nya turun, sedngkan Samarinda malah berhasil menaikan PAD dari 380 M menjadi 717 M dan dari APBD yang semula berjumlah hanya 2,2 T naik menjadi 4 T. Menurutnya tentu saja ini adalah prestasi bersama semua unsur Forkopimda. Sehingga inilah yang penting dipertahankan.

Di akhir sambutannya, Wali Kota menyampaikan ucapan selamat jalan kepada Letkol Cpm Teguh Ariwibowo dan istri yang akan bertugas di tempat baru sebagai Komandan Denpom IV/4 Surakarta.

Seusai sambutan dilakukan penyerahan cindera mata dari para pejabat, tokoh masyarakat dan kelompok. Sekaligus penyerahan kue ulang tahun istri Letkol Teguh yang kebetulan berulangtahun. Dan acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta makan malam bersama.  (ASYA/KMF-SMR)


Penanaman 6.000 Pohon Peringati 1 Abad NU, Rusmadi: Merawat Jagad, Membangun Peradaban

Berita Sebelumnya

Dikunjungi Rombongan dari Bappenas, Wali Kota Andi Harun Paparkan Potensi Kecamatan Palaran

Berita Selanjutnya