63 Kali

SAMARINDA - Pemerintah Kota Samarinda menggelar Rapat Koordinasi Tim Dukungan Kelancaran Penyelenggaraan Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 di aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Selasa (3/4).

Rakor dibawah koordinasi Badan Kesbangpol ini bertujuan untuk menindak lanjuti persiapan dan kesiapan baik Pemerintah Kota Samarinda, unsur keamanan TNI dan Polri serta  penyelenggara Pemilu yaitu KPUD Kota Samarinda. 

Rakor dipimpin Asisten I Tejo Sutarnoto, dihadiri Kepala Kesbangpol Kota Samarinda Sucipto Wasis, Dandim 0901 Samarinda Letkol Inf M Bahrodin, Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol Dandy Ario Yustiawan SIK mewakili Kapolresta Samarinda, Ketua KPUD Kota Samarinda Firman Hidayat, Kabag Hukum Sekretariat Kota Samarinda Masril, Kepala Satpol PP M Darham, seluruh Camat dan Lurah se –Kota Samarinda.

Dalam paparannya Tejo mengatakan diadakannya rakor ini dikarenakan waktu Penyelenggaraan Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 kurang beberapa pekan lagi (17 April 2019) lagi sehingga tim yang tergabung dari unsur pemerintahan, keamanan serta penyelenggara pemilu KPUD diharapkan kesiapannya untuk menyongsong pesta demokrasi serentak tersebut. 

“Sebenarnya rakor ini sudah diagendakan lama sejak saya masih menjabat Kepala Kesbangpol Kota Samarinda akan tetapi baru hari ini bisa diselenggarakan. Tanpa kerjasama tim yang baik unsur pemerintahan, keamanan serta penyelenggara pemilu KPUD kita tidak akan bisa mensukseskan pesta akbar demokrasi tersebut. Oleh sebab itu dalam rakor ini saya tekankan untuk pengecekan logistik pemilu, tempat TPS dan yang terkait lainnya dengan harapan supaya pemilu bisa berjalan aman damai dan kondusif karena tanggung jawab kesuksesan pemilu di daerah ada di pundak Walikota Samarinda Syaharie Jaang,” terang Tejo.   

Sedangkan Ketua KPUD juga menjelaskan meskipun masih ada beberapa kekurangannya KPUD Kota Samarinda siap melaksanakan tugas Negara tersebut. 

“Memang saya akui sangat berat baru menjabat dua minggu sudah harus menyongsong pesta demokrasi yang sangat akbar dan bersejarah ini. Apapun kendala di lapangan dan kekurangannya dalam KPUD kami sangat siap mensukseskannya dengan berbagai bantuan dari Pemerintah Kota Samarinda serta pihak keamanan TNI dan Polri,” jelas Firman.

Pihak keamanan juga tidak mau ketinggalan untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut seperti yang diutarakan Dandim 0901 Samarinda Letkol Inf M. Bahrodin bahwa jajarannya siap mengamankan pesta akbar tersebut. 

“Bagi TNI hukumnya wajib untuk mengamankan Negara apalagi ini hajatan Bangsa Indonesia sehingga kami bekerjasama dengan Polri siap memback up keamanan semaksimal mungkin 24 jam nonstop. Bila ada kendala gangguan dan sebagainya Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan memback up perwilayah TPS seluruh Kota Samarinda dan bila ada hal – hal yang mencurigakan jangan ragu untuk melaporkan kepada petugas terkait. Kami sebagai prajurit Negara bersikap netral terbuka kepada siapa saja tanpa memandang golongan apapun. Yang terpenting Kota Samarinda harus tetap aman dan kondusif sebelum dan sesudah pemilu,” tutupnya. Kmf5

Penulis: Afdani

KemenPANRB Seriusi Usulan Penataan Organisasi Kantor UPBU

Berita Sebelumnya

Usai Dilantik, Langsung Sertijab

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar