38 Kali

SAMARINDA. DPRD Kota Samarinda kembali melaksanakan kegiatan Rapat Paripurna Internal perdana, Masa Sidang I Tahun 2019 Jum’at (18/1) di Kantor DPRD Kota Samarinda Jl. Basuki Rahmat dengan tema Kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda Tahun 2019. 

Kegiatan rapat paripurna itu sendiri dipimpin oleh Ketua Dewan Alphad Syarif didampingi Wakil Ketua Achmad Sukamto, Helmi Abdullah, Sekretaris Daerah Sugeng Chairuddin dan diikuti 32 anggota dewan beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Samarinda (Forkompinda), Staf Ahli,Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah juga undangan terkait lainnya.

Ada beberapa agenda dalam rapat paripurna tersebut antara lain pengesahan atau persetujuan DPRD Kota Samarinda terhadap Dua Buah Rancangan Perda (Raperda) Menjadi Perda Kota Samarinda yang diketok palu oleh Ketua Dewan. 

Sebelumnya Sugeng menyampaikan permohonan maaf dari Walikota Samarinda. “Seyogyanya beliau hadir, tetapi ada kerabat dekatnya yang meninggal dunia sehingga tidak bisa menghadiri rapat paripurna ini dan menugaskan saya untuk menyampaikan sambutannya,” jelas Sugeng.

Dua rancangan Raperda tersebut antara lain adalah pertama penyelenggaraan Raperda tentang Bantuan Hukum kepada orang atau kelompok mempunyai hak yang sama dalam bantuan hukum. 

Tujuannya adalah menjamin untuk memenui hak bagi penerima bantuan hukum yang merata dengan menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dengan bisa dipertanggung jawabkan.

Yang kedua adalah penyelenggaraan Raperda Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan untuk lebih  menguatkan peran lembaga pemberdayaan masyarakat Kelurahan. 

Partisipasi masyarakat secara aktif juga dibutuhkan dalam memadukan berbagai pembangunan baik didalam Pemkot dan Masyarakat dengan mengedepankan gotong royong. Dengan tujuan untuk mendorong agar masyarakat memberikan kontribusi secara nyata dengan melalui pendidikan, pelatihan dan pendampingan serta pengawasan. 

Sementara itu pada agenda terakhir juga dilaksanakan Peresmian Pemberhentian Dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Serta Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Samarinda Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 dari fraksi Golkar dari Jafar Abdul  Gafar digantikan oleh Hendra. 

“Kami mewakili seluruh anggota dewan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa beliau selama menjadi anggota DPRD Kota Samarinda. Dan kepada Pemkot Samarinda harap segera meninjak lanjuti proses Raperda  yang telah disahkan oleh DPRD Kota Samarinda sesuai dengan peraturan perundang- undangan,” tutup Alphad. (Kmf5)

Penulis: Afdani

Pejabat dan Peserta Bigsize Berlomba Busana Sarung Samarinda

Berita Sebelumnya

Resmikan Kampung Ketupat Hingga Ziarah Makam Pendiri

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar