231 Kali

SAMARINDA. Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Samarinda hasil Pemilu 2019 akhirnya dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Samarinda oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Samarinda Hongkun Otoh SH MH, Senin (26/08), di GOR Segiri.

Ketua DPRD Kota Samarinda masa bhakti 2014-2019 Alphad Syarif memimpin jalannya sidang dalam agenda rapat Pelantikan dan Sumpah Janji Jabatan untuk anggota DPRD Kota Samarinda periode 2019-2024. Hadir kala itu Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati, OPD, serta pimpinan partai politik, tokoh masyarakat dan undangan lainnya memadati GOR Segiri yang bernuansa merah putih pagi itu.

Adapun Jabatan Ketua DPRD Kota Samarinda Sementara dijabat Siswadi SH dari Partai PDI Perjuangan yang pada Pemilu kemarin mendapat suara terbanyak. Sedangkan Wakil Ketua sementara Alphad Syarif dari Partai Gerindra.

Walikota Syaharie Jaang mengatakan bahwa 50 persen anggota DPRD Kota Samarinda orang baru. Selebihnya masih orang lama.

“Untuk anggota dewan yang baru diharuskan dapat bekerjasama dengan anggota dewan yang kembali menduduki kursi dewan,”ungkap Jaang.

Lebih lanjut dikatakannya, yang terpenting harus saling berkomunikasi antar satu dengan lainnya karena seperti yang dikatakan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, anggota DPRD merupakan anggota terpilih dari masyarakat Samarinda.

“Kinerja yang mereka berikan harus maksimal juga,” pungkasnya.

Jaang menambahkan, bahwa hubungan harmonis antara Legislatif dengan Eksekutif modal utama dalam melayani rakyat dan membangun Samarinda. Sementara Siswadi merasa bersyukur karena diberi kepercayaan sebagai Ketua Sementara DPRD Kota Samarinda.

“Kita tahu sendiri bahwa setiap periode itu pasti ada fenomena-fenomena yang baru. Sangat dinamis dan harus benar-benar siap,” ucapnya.

Siswadi mengatakan, dirinya harus lebih aktif dan selalu siap mendengar berbagai bentuk aspirasi yang diberikan oleh anggota dewan kepada dirinya.

“Masukan-masukan itu penting, apalagi tujuannya untuk kemajuan banyak orang,” imbuhnya.

Untuk anggota dewan terpilih yang usianya terbilang muda, Siswadi mengingatkan agar segera beradaptasi dengan anggota dewan lainnya.

“Setiap kader yang sudah dipilih oleh partai politiknya masing-masing tentu telah dibekali dengan baik. Pasti ada pesan untuk segera beradaptasi, baik untuk yang muda, sedang, tua. Karena ini adalah lembaga politik. Di luar mungkin baju kita berbeda, tapi kalau sudah dalam ruang lingkup DPRD Kota Samarinda, kita semua milik rakyat Samarinda,” tutupnya.

Adapun 45 anggota DPRD berdasarkan Daerah Pemilihan (Dapil) yakni, Dapil I (Samarinda Ilir, Kota, Sambuta), Siswadi, Alphad Syarif Adi Setiawan, Ahmad Vanandza, Kamaruddin, Rusdi, Suparno, Nursoba dan Markaca. Dapil II (Samarinda Seberang dan Palaran), Joha Fajal, Jasno, Laila Fatihah, Guntur, Sarlena Layuk, Muhammad Yusran, Elnatan Pasambe, Anhar, Samri dan Syarifuddin.

Kemudian Dapil III (Sungai Kunjang), Fuad Fakhruddin, Achmad Sopyan, Eko Elyasmoko, Novi Marinda Putri, Fahruddin, Subandi dan Angkasa Jaya Djoerani. Dapil IV (Samarinda Ulu) ada Sri Puji Astuti, Damayanti, Celni Pita Sari, Muhammad Rudi, Sugiyono, Sani Bin Husain dan Muhammad Novan Syahronny Pasie.

Dapil V (Samarinda Utara dan Sungai Pinang) Helmi Abdullah, Triyana, Mulkan, Muhammad Syahri, Shania Rizky Amalia, Sutrisno, Arbain, Joni Sinatra Ginting, Wiranto, Abdul Rofik, Syamsuddin dan Ahmat Sopian Noor. (kmf2)

Penulis/Editor: Doni

Ini Hasil Pemenang Pawai Pembangunan HUT ke 74 RI

Berita Sebelumnya

Resmikan Gedung Baru Ponpes Tahfizhul Qur'an, Jaang Bicara SDM

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar