41 Kali

SAMARINDA. Menjelang Festival Olahraga Rekreasi  Nasional (FORNAS) V Kaltim yang akan diselenggarakan di Kota Samarinda, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Samarinda menggelar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORKOT) III yang dilaksanakan di kawasan Stadion Segiri Jl Kesuma Bangsa, Minggu (25/08).

"FORKOT III ini sebagai uji coba dan sekaligus menjaring atlet-atlet Kota Tepian untuk mengikuti ajang FORNAS akan datang,"  jelas Ketua  Panitia Forkot Samarinda Sony Gosal.

Sony juga melaporkan, cabang olahraga yang diikuti pada Forkot III kali ini sebayak 18 cabor diantaranya,  Skate Board, BMX, B. Boy, Tenis, Panco, Tricking, Porpi, Fokbi, Enggrang, Bakiak, Hadang, Tarik Tambang, Dagongan, Ketapel, Sumpit, Gasing, Belogo dan Panah Tradisional.

Dalam sambutan Ketua FORMI Kota Samarinda Sri Lestari Nusyirwan mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang sudah banyak mendukung segala kegiatan FORMI Samarinda. Sri menyebutkan FORKOT tahun ini juga diikuti kabupaten lain, diantaranya FORMI Kutai Kertanegara, FORMI Balikpapan, FORMI Bontang, FORMI Kutai Timur, dan FORMI Kutai Barat.

"Selama ini FORMI Kota Samarinda banyak juga mendapatkan penghargaan di berbagai even yang dilaksanakan tingkat nasional, seperti di FORNAS IV Kalsel, FORMI Kota Samarinda mendapatkan prestasi sebagai Juara Terbaik II,“ ungkap Lis, sapaan akrab Sri Lestari.

Ia menyampaikan kedepannya FORMI akan sejajar dengan KONI, dan FORMI akan diubah namanya menjadi KORNI yang akan di launching namanya pada ajang FORNAS V Kaltim November 2019 mendataang.

"FORMI Samarinda saat ini sudah menaungi sebanyak 45 cabang olahraga,“ ucap Sri.

Ditambahkannya visi FORMI Samarinda sudah jelas mengajak, memotivasi masyarakat Kota Samarinda untuk mencintai  olahraga agar menjadi manusia yang sehat, bugar dan berperilaku hidup sehat, serta olahraga secara teratur.

Sebelum membuka FORKOT III 2019 secara resmi, Walikota Samarinda mengucapkan selamat datang kepada para peserta, terutama peserta yang berasal dari luar Samarinda, seperti peserta dari Kubar, Kutim,  Balikpapan, Bontang dan Kukar.

Jaang menyampaikan dengan diadakannya FORMI ini sama artinya dengan melestarikan olahraga tradisional yang dimiliki daerah. Dia juga berharap agar pelaksanaan FORKOT III 2019 ini berjalan dengan baik dan penuh kegembiraan, sehingga dapat membawa kesan yang positif bagi peserta pada umumnya dan khususnya bagi peserta-peserta yang dari luar Samarinda, sehingga dapat menjadi kenangan.

"Forkot ini juga sebagai  ajang seleksi  untuk mengikuti ajang FORNAS V Kaltim yang akan dilaksanakan bulan November di Kota Samarinda. Pemerintah Kota Samarinda akan mendukung secara penuh pelaksanaan FORNAS yang akan datang dengan kemampuan Pemkot yang ada. Semisal menyiapkan venue yang akan digunakan, seperti kawasan Gedung Olahraga Segiri, Polder Air Hitam dan BIG Mall Samarinda dapat digunakan secara gratis, serta akan memberikan bantuan sebanyak 2000 maskot," katanya.

Diakhir sambutannya Jaang sampaikan kepada Panitia agar menjadi tuan rumah yang baik di FORNAS V 2019, menjaga keamanan, menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi para tamu, sehingga sepulang mereka ke daerahnya ada kenangan-kenangan yang indah.

"Karena Kota Samarinda sebagai kota tujuan bagi saudara-saudara kita, baik nasional maupun mancanegara. Dengan dibukanya bandara APT Pranoto hingga 1 kali transit sudah sampai ke luar negeri. Semoga pada saat pelaksanaan Fornas V  Kaltim lampu Run Way di bandara APT Pranoto sudah terpasang oleh Kementerian Perhubungan, sehingga dalam cuaca bagaimana pun pesawat bisa mendarat pada siang hari dan malam hari,” pungkas Jaang.

Di kesempatan itu, Jaang juga sempat mencoba adu panco dan menyumpit yang biasa dilakukannya.(kmf10)

Penulis: Eko --Editor: Doni

Pagi Hari, Wawali Hadiri 5 Jalan Sehat

Berita Sebelumnya

Jaang : Perekonomian Kota Samarinda Stabil

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar