67 Kali

    SAMARINDA. Sebanyak 72 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dikukuhkan dengan jabatan baru.

    Menariknya, kali ini lain dari biasanya. Dimana biasa di aula rumah jabatan atau ruang utama Balaikota, kali ini pelaksanaan pelantikan pejabat dirangkai dengan apel siaga di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Jumat (28/12).

    "Biasanya kita pelantikan di ruangan ber-AC. Mungkin ini yang bikin malas pejabat ke lapangan. Sengaja hari ini di lapangan dan menghadirkan para staf, camat dan lurah. Supaya tidak ada lagi alasan, dari atas sampai bawahannya mendengarkan arahan saya," ucap Jaang dalam arahannya seusai melantik.

    Selain itu, sebutnya juga sengaja meminta semua peralatan dan perangkat, baik di Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun  Dinas Pemadam Kebakaran.

    "Tolong armada dan perangkatnya dirawat dan dipelihara. Jangan sampai pas ada kejadian, mobil tidak bisa jalan karena kehabisan bensin atau oli kering," pesan Jaang.

    Tidak hanya itu, Jaang juga mengingatkan agar ketika terjadi kebakaran atau musibah lainnya, semua saling mendukung.

    Misalnya kebakaran, sebutnya bukan hanya tugas Pemadam dan BPBD, Satpol juga supaya ikut turun membantu.

    "Saya waktu jadi Wawali ketika terjadi kebakaran juga aktif ikut ke lokasi. Bahkan sampai memegang selang," kisah Jaang memotivasi.

    Kepada seluruh pejabat, Walikota menyampaikan pentingnya komitmen dan moralitas serta tanggung jawab sebagai pejabat.

    Selain itu, pejabat juga perlu memiliki sistem dan etos kerja yang tinggi, memahami posisi, peran, tugas, dan fungsi serta wewenang dari instansi tempatnya bertugas.

    Jaang menjelaskan, setiap pegawai wajib memiliki pengetahuan dan wawasan serta mampu bekerjasama dalam tugas selaku aparatur pemerintah.

    Jaang berharap, pejabat yang menduduki posisinya bisa memberikan contoh yang baik.

    "Berikan waktu bawahan untuk beribadah, jangan sampai disitu suara adzan, disitu juga menyuruh anak buah," ungkapnya.

    Beberapa posisi eselon II yang berganti yakni, Sam Syaimun Kepala Dinas Perikanan yang sebelumnya dijabat oleh Syamsul Bachri purna tugas, Kepala Dinas Pemadam Nusran yang sebelumnya dijabat Rubby Hartono (purna tugas), Kepala Dinas Satpol PP M Darham yang sebelumnya dijabat oleh Ruskan.(kmf7)

Penulis: Alif Akbar

Walikota Pimpin Apel Siaga Gelar Pasukan

Berita Sebelumnya

Ratusan Jamaah Penuhi Maulid Nabi Majelis Taklim Al Wali

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar