257 Kali

SAMARINDA. Sebanyak 10 OPD di lingkungan Pemkot Samarinda menerima Penghargaan Penyelesaian Data Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019 karena  berhasil menyelesaikan laporan keuangan tahun anggaran 2019 paling awal.

 

Penghargaan ini langsung diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin ketika membuka kegiatan Belajar Bersama Akuntansi Keuangan Daerah garapan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di Ruang Rapat Utama Kantor Balai Kota,Kamis (5/11/2020).

 

Adapun perain penghargaan tersebut diantaranya DPMPTSP, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Satpol PP, Disnaker, Dinas Kebudayaan, Kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Seberang dan Kecamatan Samarinda Ilir.

 

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin menyampaikan kegiatan ini merupakan inovasi yang positif dan sangat bagus dilaksanakan oleh BPKAD Samarinda karena dari tahun ke tahun semakin baik laporan keuangan Pemkot Samarinda.

 

“Hal ini bisa kita lihat dari keberhasilan Pemerintah Kota yang telah mendapatkan 6 kali berturut-turut WTP. Ini semua tidak mungkin dilakukan oleh BPKAD semua tetapi dilakukan oleh semua stakeholder yang ada di Pemerintah Kota Samarinda, khususnya yang mempunyai tugas di bidang keuangan,” tambahnya.

 

Sugeng juga mengingatkan kepada semua peserta bisa secara seksama menyimak dengan baik merekam semua materi yang diberikan oleh narasumber. Setelah ini peserta dapat meningkatkan kualitas laporan. Hal ini lanjutnya agar dapat terus mempertahankan standar Opini Tertinggi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menuju pengelolaan keuangan daerah yang sehat akuntabel.

 

Ditekankan Sugeng, menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas tersebut tidak hanya merupakan tanggung jawab kepala BPKAD saja, melainkan seluruh OPD harus bekerja dengan maksimal dan mengembangkan kualitas laporan.

 

“Semoga penghargaan WTP 6 kali berturut-turut yang telah kita capai mampu memberikan semangat bagi kita untuk terus memberikan pengabdian terbaik dan  mempercepat kemajuan pembangunan,” pungkasnya.

 

Sementara dalam laporan Ketua pelaksana, Rita Damayanti yang Kasubid Penyusunan Laporan Keuangan BPKAD menyampaikan bahwa kegiatan belajar akuntansi ini dilaksanakan mulai 5 November sampai dengan 3 Desember 2020 dan diikuti sebanyak  36 orang peserta dari 13  SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

 

“Semoga kegiatan bersama akuntansi ini bisa berjalan lancar dan tahun depan ada kelanjutan dari kegiatan ini,” harap Rita.

 

Turut hadir Asisten III Kota Samarinda Ali Fitri Noor beberapa Kepala OPD dan Camat. (eko/doni/kmf-smd)

 

Sekda Hadiri Rakor Percepatan Perijinan Pemanfaatan Ruang, Bahas Pembangunan Terminal Terpadu Pertamina

Berita Sebelumnya

Anggaran Kerahiman Warga SKM Di RT 26 dan RT 27 Masih Direvisi, Satu Orang Ngaku Berpenghasilan Rp 30-50 Juta/Bulan

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar