148 Kali

SAMARINDA. Akhirnya M Barkati resmi menggantikan almarhum Nusyirwan Ismail sebagai Wakil Walikota Samarinda pada sisa masa jabatan 2016-2021, setelah diambil sumpah dan dilantik oleh Gubernur Kaltim Isran Noor atas nama Mendagri RI di Pendopo Odah Etam, Kamis (15/8).

Setelah resmi menjadi Wawali, Barkati mengaku untuk mengawali tugasnya yang utama dilakukan adalah koordinasi lanjutan dengan Kepala Daerah.

"Kalau program saya sendiri malah nanti bertentangan dengan Walikota. Yang jelas program memang sudah ada, tinggal bagaimana melaksanakan tupoksi sebagai Wawali," ucap suami dari Siti Saniah ini

Ayah dari 4 orang anak ini juga menyebut dirinya akan mengikuti arahan Isran Noor yang sempat disampaikan dalam sambutan di acara pelantikan tadi, terutama dalam hal banjir yang ditekankan Gubernur.

Pria kelahiran Samarinda 9 Januari 1969 ini memastikan dirinya akan lebih banyak bekerja di lapangan. Hal itu dilakukannya untuk menjalankan fungsi pengawasan yang memang menjadi kewenangannya.

"Nanti mungkin lebih banyak di lapangan untuk fungsi pengawasannya," sebutnya. 

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang menyambut baik dengan kembali mendapat amunisi tenaga dalam mendukung tugasnya sebagai Walikota atas dilantiknya Wawali.

"Harapan kita tentunya kinerja pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik," ucap Jaang.

Tentunya Wawali akan melaksanakan tugas dan peranan sesuai tupoksi yang ada.

"Saya ini 10 tahun menjabat Wawali sebelum Walikota. Jadi saya tahu betul bagaimana peranan Wawali untuk bersama-sama Walikota melaksanakan program kerja. Yang jelas, Wawali itu tugasnya yang utama melakukan fungsi pengawasan, disamping mewakili Walikota ketika berhalangan," imbuh Jaang.

Tak hanya itu, Jaang turut mengharapkan agar Barkati pun melakukan pengawasan terhadap kinerja kepegawaian.

Selain itu, penegakkan Perda Samarinda secara umum juga menjadi hal yang dititipkan Jaang kepada Wakilnya yang baru.

Ia pun menekankan bahwa untuk pengendalian banjir dan permasalahan lingkungan menjadi tanggungjawab penting Wawali Samarinda.

Menurut Jaang, hingga saat ini pihaknya sudah selesai menyusun pembagian kerja dalam bentuk tertulis. Proses tersebut bahkan sudah selesai setelah Barkati resmi terpilih ditatanan DPRD Samarinda, 25 Juli lalu. Namun ia tak menampik akan ada beberapa pembagian kerja yang disampaikan secara lisan.

Tampak hadir pada pengambilan sumpah janji jabatan Wawali Samarinda, Ketua DPRD Samarinda beserta seluruh anggota dewan, Kepala OPD, Camat dan Lurah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samarinda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pemuda. Tampak pula ketua-ketua organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Dalam prosesi pelantikan tersebut, dilaksanakan pula pembacaan Pakta Integritas oleh Wawali Samarinda, M Barkati. 

Seusai pelantikan di Odah Etam, dilanjut silaturahmi Wawali dengan Kepala OPD, Camat dan Lurah bersama Walikota Samarinda di aula Rumah Jabatan Walikota Jl S Parman.(kmf2)

Penulis/Editor : Doni

Meriah, Pawai Pembangunan 2019 Di Samarinda

Berita Sebelumnya

Pemkot Kaji Waduk Benanga Lempake Jadi Kawasan Wisata Baru

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar