57 Kali

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun menegaskan penanganan Covid-19 butuh kolaborasi.

 

Hal ini disampaikannya dalam silaturahmi ke Danrem 091/ASN Brigjen TNI Suryo Cahyo Putro beserta jajarannya di Korem 091/ASN Jalan Gajah Mada Samarinda, Jumat (5/3/2021) sore.

 

Dalam silaturahmi yang membahas beberapa hal tentang penanganan Covid-19 di Kota Samarinda didampingi pula Sekda Kota Samarinda Dr Sugeng Chairuddin, Asisten I Tejo Sutarnoto, Kepala Badan Kesbangpol Sucipto Wasis dan Kabag Kesra Abdul Jami.

 

Menurut Andi Harun penanganan Covid-19 perlu ditangani secara kolaborasi, tidak bisa hanya diselesaikan oleh wali kota dan jajaran di Pemkot Samarinda saja.

 

“Kita melakukan kolaborasi karena penanganan Pandemi Covid-19 ini merupakan kerja keras yang membutuhkan keterlibatan beberapa pihak bahkan jauh sampai dengan tingkat masyarakat. Hari ini kami datang bersilaturahmi dengan pak Danrem beserta jajarannya untuk membahas beberapa hal tentang penanganan Covid-19 di Kota Samarinda,” katanya.

 

Ia mengharapkan dari silaturahmi ini program penanganan Covid-19 mendapat dukungan penuh dari TNI, sehingga efektifitas pelaksanaan mulai dari pencegahan, penanganan, pengobatan sampai pelaksanaan penegakan hukum, pembinaan wawasan dapat dipastikan bisa tercapai serta berjalan lancar dan aman.

Oleh karena itu Pemkot Samarinda sangat membutuhkan dukungan TNI – Polri untuk penanganan Covid-19 ini.

 

“Kami Pemkot Samarinda sangat membutuhkan dukungan TNI-Polri, beberapa hari yang lalu saya juga sudah bersilaturahmi dengan Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman dan kemarin dengan Dandim 0901/Samarinda  Kolonel Inf Oni Kristiyono Goendong. Maka dari itu hari ini saya melapor kepada Danrem 091/ASN untuk dukungan tersebut,” beber Wali Kota Samarinda ini.

 

Ditambahkannya bila memperhatikan arahan Presiden RI Joko Widodo, di satu sisi kegiatan dan aktifitas ekonomi di masyarakat harus tetap berjalan tetapi dengan standar Protokol Kesehatan yang sangat ketat.

“Memang kalau kita memperhatikan arahan Bapak Presiden tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi kedua – duanya begitu sangat penting. Tidak bisa satu didahulukan yang lain belakangan. Nah kami sebagai aparat pemerintah dan pembangunan di daerah serta TNI dan Polri menerjemahkan itu dalam bentuk kebijakan yang bersifat mikro, apalagi setelah keluarnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Ini harus terjadi stimulan pelaksanaannya sampai ke tingkat RT,” katanya.

 

Oleh sebab itu dukungan dari Danrem 091/ASN beserta jajarannya tentu akan sangat membantu percepatan penanggulangan penanganan Covid-19 di Kota Samarinda. “Selebihnya dukungan apa saja yang dilakukan maka kita koordinasikan pada hari ini. Insya Allah hari Senin atau Selasa akan kita matangkan lagi, sehingga hari berikutnya segera kita bisa umumkan ke publik, untuk penanganan Covid-19 di Kota Samarinda dengan model baru,” bebernya.

 

Walaupun sebenarnya sambung Andi Harun dalam beberapa sektor sudah berjalan seperti Pasar Tangguh Covid-19, Sekolah Tangguh Covid-19 tetapi namanya kebijakan baru pasti butuh waktu dan proses.

 

Sementara itu Danrem sangat menyambut baik silaturahmi ini. “Yang pertama kami segenap anggota Korem 091/ASN dan jajaran mengucapkan selamat kepada Pak Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samarinda  Dr H Rusmadi yang telah dilantik, semoga bisa menjalankan amanah yang dititipkan oleh masyarakat Kota Samarinda,” tuturnya.

 

Danrem mengatakan dengan pemerintahan sebelumnya memang sudah bersinergi cukup baik dan dengan kepemimpinan yang baru ini, memiliki terobosan – terobosan terbaru.

 

“Saya harapkan bisa meningkatkan lebih fokus kepada bagaimana Kota Samarinda bisa keluar dari Zona Merah Covid-19 dengan kebijakan – kebijakan beliau yang sedang direncanakan akan segera dieksekusi. Kalau Korem 091/ASN sendiri akan setiap saat apa yang dibutuhkan Wali Kota dan Pemkot Samarinda, TNI akan siap karena tugas kita salah satunya adalah membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan ketertiban dan kegiatan pembangunan yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah,” tutupnya.(bay/don/kmf-smd)

 

 

Andi Harun Vaksin Bersama Pejabat hingga Wartawan

Berita Sebelumnya

Andi Harun Tutup Turnamet Tenis Wali Kota Samarinda Open Se Kaltim – Kaltara Tahun 2021

Berita Selanjutnya

Tinggalkan Komentar