395 Kali

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menyaksikan langsung isterinya, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun dilantik sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Provinsi Kalimantan Timur periode 2022-2026 oleh ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah Aras di aula rumah jabatan wali kota Samarinda, Sabtu (27/8/2022).

“Perwosi salah satu organisasi fungsional KONI yang berperan memberikan pendampingan, motivasi dan juga menciptakan kecintaan berolahraga yang dimulai dari kalangan keluarga. Perwosi memiliki peran strategis dalam membangun peningkatan kualitas pembinaan olahraga prestasi,” ucap Rinda dalam sambutannya. 

Oleh karena itu, Rinda mengatakan jika Perwosi dapat bekerja secara optimal maka olahraga di bumi etam Kaltim dan lebih luas lagi di tanah air dipastikan dapat lebih berprestasi. Ia menekankan keluarga dianggap target strategis untuk melahirkan atlet-atlet hebat. 

“Perwosi kita harapkan mampu melakukan sosialisasi agar keluarga dapat memperkenalkan dan bahkan mendukung lahirnya anak-anak yang gemar berolahraga. Karena anak yang gemar berolahraga akan menjadi atlet yang kelak mempersembahkan prestasi,” katanya. 


Ia mengatakan sejalan dengan visi Perwosi - Wanita Indonesia yang sehat dan kuat untuk membentuk keluarga sejahtera yang cinta olahraga, bisa dipahami bahwa perlu ditanamkan kepada keluarga bahwa olahraga bukan hanya sekedar untuk prestasi tapi juga bagaimana memotivasi para wanita dan anak-anak menjadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan dan gaya hidup. 

“Karena banyak orang  masih menganggap bidang olahraga adalah bidang yang tidak menjanjikan, sehingga para keluarga tidak mau untuk menyediakan waktu dan bahkan mendorong keluarganya. Terutama dimasa pandemi COVID-19, aktivitas fisik secara teratur menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya sejalan dengan itu proses digitalisasi mengalami kemajuan yang luar biasa yang sangat membantu masyarakat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu semua anggota dan pengurus Perwosi harus mau terus belajar dan menguasai teknologi informasi. 


“Anggota maupun pengurus Perwosi, baik di Perwosi Provinsi Kaltim maupun Perwosi Kabupaten/kota yang telah terbentuk harus peka terhadap beberapa isu nasional terkait kesehatan seperti adanya pandemi Covid 19 dan stunting. Perwosi dapat mengambil peran ikut berpartisipasi merespon isu nasional tersebut terkait kesehatan melalui program kegiatan senam dan juga melakukan berbagai edukasi,” ucap Rinda yang baru-baru ini dilantik sebagai ketua umum Forum Kota Sehat (Forkots) Samarinda ini.

Kemudian lanjutnya Perwosi dapat memberikan stimulus yang baik dalam meningkatkan prestasi serta memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya pada bidang olahraga.

“Untuk mencapai semua itu, diperlukan kerjasama yang baik dengan seluruh stakeholder yang ada di Kaltim termasuk 10 Kabupaten/Kota lainnya demi menunjang perjalanan Pengurus Perwosi Kaltim nantinya dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Semoga Perwosi tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang kelak secara bertahap akan kita lantik, juga dapat bersinergi dalam mengembangkan olah raga wanita, karena sehat itu adalah awal daripada kekayaan masyarakat. Dan semoga melalui pelantikan Perwosi masa periode 2022-2026 ini dapat menjadi titik tolak upaya meningkatkan eksistensi wanita di Provinsi Kalimantan Timur khususnya dalam pembangunan di bidang olahraga,” katanya.


Sebelumnya Rusdiansyah Aras dalam sambutannya juga mengemukakan prestasi atlet wanita Kaltim lebih unggul dalam meraih emas. “Kami juga sangat mengharapkan eksistensi Perwosi Kaltim dan Kabupaten/kota di Kaltim dalam membangun peningkatan kualitas pembinaan olahraga prestasi,” ucapnya.

Dalam pelantikan yang dirangkai dengan Rapat Kerja I Tahun 2022 ini dihadiri pula Gubernur Kaltim yang diwakilkan Kepala Biro Kesra Pemprov Kaltim Andi Muhammad Ishak, ketua Perwosi Kaltim periode sebelumnya yang sekarang dipercaya sebagai Pembina Perwosi Provinsi Kaltim periode 2022-2026 Hj Sri Lestari Nusyirwan. (FER/ASYA/KMF-SMR)

Jalan Santai Bersama Warga, Andi Harun Ajak Tumbuhkan Rasa Kekeluargaan

Berita Sebelumnya

Hadiri Dies Natali ke 60 Faperta Unmul, Wawali Rusmadi Pesan Biasakan Menanam Sebagai Gaya Hidup

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kabar Olahraga

Tinggalkan Komentar