88 Kali

SAMARINDA. Bukan hanya komitmen mensukseskan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) V Tahun 2019, 15-17 November tahun ini di Samarinda yang mana Kalimantan Timur dipercaya sebagai tuan rumah, tapi baik Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi maupun Walikota Samarinda Syaharie Jaang akan unjuk gigi pada event dengan peserta  sebanyak 15.000 orang se-Indonesia.

Wagub Hadi berencana akan ikut berlomba panahan, sedangkan Walikota, putra kelahiran Long Pahangai Mahakam Ulu itu akan unjuk kepiawaiannya menyumpit pada ajang FORNAS yang juga akan diikuti peserta dari negara sahabat.

Hal ini terungkap dalam kunjungan ketua umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) pusat Haryono Isman ke Samarinda, yang diawali dengan rapat sinkronisasi antara panitia nasional dan panitia penyelenggara di aula Ruhui Rahayu kantor Gubernur Kaltim dipimpin langsung Wagub Kaltim, senin (19/8).

Kemudian, Selasa (20/8) Haryono Isman yang merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) ini bersama rombongan kembali berkoordinasi dengan Walikota Samarinda di ruang VIP Walikota di Balaikota, selasa (20/8). “Insya Allah kita siap mensukseskan pelaksanaan di ibukota Kaltim ini. Apalagi ini olahraga masyarakat, kita dukunglah. Kita mulai anak-anak sudah terbiasa dan tentunya ingin bernostalgia dengan olahraga masyarakat. Apalagi menyumpit, Insya Allah masih bisa. Beberapa kali acara, masih bisa memecahkan balon dengan menyumpit. Di rumah pribadi dan rumah jabatan ada sumpit,” beber Jaang.

Haryono sendiri begitu antusias dengan dukungan dari Walikota, bahkan menyarankan agar ada souvenir sumpit yang dijual UMKM sebagai oleh-oleh dari peserta. “FORNAS V ini bukan hanya untuk atlet dan kontingen, tapi UMKM juga harus merasakan dampaknya,” tandas Haryono.

Haryono merasa bersyukur FORNAS V dilaksanakan di Kota Samarinda, karena di provinsi Kaltim ini banyak budaya dan olahraga daerah yang perlu diangkat tidak hanya ke nasional bahkan internasional. “Insya Allah di FORNAS V ini akan mengundang peserta dari negara-negara sahabat. Contohnya, barongsai. Kita akan mengundang Thailand, Singapura, termasuk China Taipei dan Tiongkok. Mereka akan kita undang untuk ikut FORNAS V di Samarinda. Jadi disini tidak hanya ajang olahraga, tapi juga mempromosikan olahraga budaya asli Kalimantan yang memanfaatkan forum FORNAS V, sekaligus mempromosikan persahabatan,” tuturnya.

Terkait venue-venue dibawah ranah Pemkot Samarinda, Haryono juga meminta dukungan Walikota termasuk venue di mall. FORNAS V ini akan menggunakan 4 lokasi pertandingan yang dua diantaranya milik Pemkot, yaitu GOR Segiri dan Komplek Olahraga Polder Air Hitam. Selain itu juga dilaksanakan di Stadion Madya milik Pemprov dan Big Mall.

Sebelumnya, Wagub Hadi Mulyadi di ruang Ruhui Rahayu bertekad even nasional ini harus berjalan sukses. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat bahu-membahu mensukseskan agenda nasional ini. 

Menurutnya meski bukan olahraga prestasi, namun olahraga rekreasi ini bisa membuat orang senang, bugar dan bahagia. Bahkan, Hadi pun akan ikut bertanding, khususnya di cabor panahan. “Soal kalah menang, tidak menjadi tujuan utama. Tiga tujuan utama yakni sukses kebugaran, sukses pariwisata dan sukses penyelenggaraan dapat terwujud,” tutupnya.(kmf)

Penulis : Setiabudi- Bidang Humas dan Publikasi FORMI Kaltim –Editor: Doni

Motivasi Pejabat di Diklatpim, Jaang Ingatkan Soal Kematian

Berita Sebelumnya

Samarinda Kini Miliki Command Center

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kabar Olahraga

Tinggalkan Komentar