42 Kali

SAMARINDA. Peserta olahraga tradisional Indonesia memadati lapangan olahraga yang mempertandingkan olahraga tradisional Hadang, dilaksanakan di venue Stadion Madya tepatnya di Hotel Atlet GOR Sempaja dan diikuti lebih dari 500 peserta pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V Tahun 2019 di Samarinda, Kalimantan Timur (17/11).

Hadang atau gobak sodor adalah permainan tradisional yang dimainkan secara beregu dengan jumlah anggota regu sebanyak 8 orang dan terdiri dari 5 orang pemain inti, serta 3 orang cadangan.

Untuk bermain dibutuhkan area petak persegi panjang yang mempunyai panjang lapangan 15 meter dan lebar 9 meter. Kemudian area dibagi 6 petak dengan ukuran masing-masing petak 4,5 meter x 5 meter. Pinggir lapangan sebaiknya diberi tanda dengan kapur. Garis permainan ditandai dengan garis selebar 5 cm.

Ketua Panitia Nasional, Djainal Simanjuntak mengapresiasi olahraga tradisional Indonesia dan diharapkan mampu membudayakan olahraga tradisional di masyarakat.

"Tujuan kita bukan kompetisi, namun mengupayakan semakin meluasnya olahraga tradisional yang bisa dilakukan dan dinikmati masyarakat," kata Djainal.

Adapun yang menjadi juara pada Hadang Putra, Juara I diraih Jawa Tengah, Juara II Banten dan Juara III Kaltim I. Sedangkan Hadang Putri, Juara I Jawa Timur (Sidoarjo), Juara II Jawa Timur (Surabaya) dan Juara III  Jawa Tengah. (kmf14)

Penulis : Fany Dwi

Jaang Pamerkan Belasan Koleksi Mandau Di Museum Samarinda

Berita Sebelumnya

Keseruan FORNAS V Kaltim (5). Turunkan 10 Orang, Tim Airsoft Gun Kaltim Bidik Juara Umum

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Kabar Olahraga

Tinggalkan Komentar