96 Kali

SAMARINDA. Setelah Walikota Samarinda Syaharie Jaang meresmikan Bazar dalam rangka Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-72, Kamis (29/8) kemarin, Jumat pagi giliran Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati melepas start Jalan Sehat yang masih dalam rangkaian Harkopnas Tingkat Kota di halaman kantor terpadu gedung Graha Ruhui Rahayu Jl Juanda.

 

Wawali tidak hanya melepas, tapi juga berbaur berjalan bersama keluarga besar koperasi se-Samarinda dan ratusan karyawan di gedung Graha Ruhui Rahayu (Diskop UKM, Disperin dan Disdag). "Semoga kegiatan rangkaian Harkopnas Tingkat Kota ini bisa memacu semangat pelaku koperasi, sehingga bukan hanya koperasi plang nama saja," ucap Barkati pagi itu.

 

Karena lanjut Barkati, berdasarkan data system BPS Kota Samarinda per bulan Mei 2019 dari 1.264 Koperasi, hanya 201 koperasi aktif, sedangkan yang mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 104 Koperasi. "Informasi dari Pak Kadis Koperasi dan UKM, diusulkan akan dilakukan pembubaran sebanyak 500 koperasi tidak aktif. Melihat ini, nanti kita akan evaluasi kenapa bisa terjadi dan mencari solusinya, sehingga koperasi tidak bertambah lagi yang bubar," kata Barkati yang dibenarkan ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Samarinda Nazaruddin.

 

Seperti diketahui, dalam menyemarakkan Harkopnas Ke 72 ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda bersama Dekopinda Samarinda didukung Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian menggelar Festival Ruhui Rahayu yang diisi dengan berbagai kegiatan selama 3 hari sejak 29 - 31 Agustus.

 

Mulai dari Bazar, Jalan Sehat, Donor Darah, Cek Kesehatan. Ada juga Bimtek Peningkatan Kualitas Usaha Bengkel dan penyerahan bantuan 2 unit kompresor dan 1 set tool kits kepada pelaku usaha bengkel motor, serta service motor gratis hanya membayar oli Rp. 45.000 yang dimotori Dinas Perindustrian. "Alhamdulillah antusias kunjungan ke Festival Ruhui Rahayu luar biasa. Ada yang ke bazar, ada juga cek kesehatan, donor darah bahkan servis motor. Penutupan kegiatan ini Sabtu besok," ungkap Ibnu.(kmf2)

 

Penulis / Editor: Doni

Wawali Ajak Bangkitkan Koperasi Lagi

Berita Sebelumnya

Kampung KB Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar