818 Kali

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Wali Kota Samarinda Dr. Andi Harun menghadiri Audiensi (Expose) Kegiatan Masterplan DED Kawasan Citra Niaga dan Kawasan Gor Segiri. Acara yang digagas oleh PUPR kota Samarinda ini dilaksanaakan di Ruang Rapat Karangasan Balaikota lt. II, Selasa (04/10/2022).



Selain Wali Kota, hadir pula Sekretaris Daerah Kota Samarinda Hero Mardanus Setyawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda Desy Damayanti, Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Muslimin, Kabid Cipta Karya Muhammad Cecep Herly, dan Tim Konsultan.



Wali Kota Andi Harun tampak serius mendengarkan paparan tim konsultan tentang analisa beberapa hal yang akan berpengaruh pada perkembangan kawasan Stadion Segiri, Taman Samarendah Hingga Citera Niaga. Diantaranya mengenai prediksi tingkat kepadatan lalu lintas di beberapaa simpangan utama serta prediksi kondisi genangan air yang mungkin terjadi nantinya. Semua disimulasikan baik dalam gambar dua dimensi maupun video tiga dimensi.

Simulasi ini sangat penting dalam membuat perencanaan pengembangan kawasan tersebut. Kawasan GOR Segiri seluas 36 Hektar misalnya, disebut oleh arsitek pengembangnya dengan nama "Golden Square" atau Kawasan Emas. Kawasan ini meliputi Jl. Kesumabangsa, Jl. Bhayangkara, Jl. Gus Salim dan sekitarnya.



Untuk memperlancar arus lalu lintas dibutuhkan beberapa perombakan jalan di sebagian persimpangan utama di kawasan ini. Misalnya simpangan Hotel Mesra, Simpangan Taman Samarendah, Simpang Danau Toba, dan Simpang Agus Salim.



Demikian juga mengenai pengembangan wilayah Citera Niaga, Tim dari Cipta Karya dan Konsultan memaparkan secara detail. Namun demikian karena Expose Kegiatan Masterplan DED Kawasan Citra Niaga dan Kawasan Gor Segiri ini masih tahap awal, maka akan terus disempurnakan dengan memperhatikan masukan para tokoh ahli yang ada.



Ada beberapa saran dan masukan dari wali kota berkaitan dengan berbagai fasilitas pelengkap penataan kawasan-kawasan tersebut yang masih akan ditindaklanjuti dengan pembahasan yang lebih detail. Seperti mengenai Kawasan Hotel dan Pusat Perdagangan. Namun pada prinsipnya wali kota sangat mengapresiasi pemaparan dari tim ini. (ASYA/KMF-SMR)

Wali Kota Samarinda Tinjau Drainase dan Kawasan Banjir di Daerah Gelatik

Berita Sebelumnya

TP. PKK kota Samarinda Gelar Rakor Tahun 2022

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar