72 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Upaya untuk menata kebersihan lingkungan terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Termasuk untuk kebersihan lingkungan pasar. Salah satunya Pasar Segiri di Jalan Pahlawan, Samarinda Ulu. Untuk memberikan kenyamanan bagi para pedagang setempat dan warga yang hendak berbelanja di pasar tradisional tersebut, rencana akan dibangunkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Reduce, Recycle, and Reuse (3R) yakni mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan kembali. 

Bahkan Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun didampingi sejumlah pejabat dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah meninjau ke lokasi yang akan dijadikan titik TPS 3R di Pasar Segiri, Senin (13/9/2021) siang. Nantinya TPS 3R itu akan dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).


“Untuk teknis pembangunanaya, nanti. Yang terpenting kita sudah siapkan lahan dan tentukan titiknya yang pas. TPS 3R ini nantinya untuk pengelolaan sampah di lingkungan Pasar Segiri,” kata Wali Kota kepada wartawan di sela-sela tinjauannya.

Selain TPS 3R, Wali Kota juga sempat meninjau drainase di pasar tersebut. Ia bahkan terlihat berjalan kaki dari sudut pasar yang satu ke sudut yang lain hanya untuk memastikan drainase di lingkungan pasar tersebut berfungsi optimal.

“Jadi semua drainase jangan ada yang buntu. Semuanya harus berfungsi optimal hingga alirannya tembus ke sungai,” terangnya.

Wali Kota juga menegaskaan upaya pengendalian banjir di Kota Samarinda tetap menjadi fokus perhatian serius baginya bersama segenap jajaran terkait di lingkungan Pemkot Samarinda. Termasuk di segmen simpang Mall Lembuswana. Bahkan sudah ada anggaran yang disiapkan untuk mengatasi banjir di titik tersebut.

“Ada anggarannya Rp4 miliar dari APBD 2021. Rencana akan ditambah Rp4 miliar lagi di APBD Perubahan 2021. Sudah dilelang. Nanti segera dikerjakan dalam waktu dekat,” kata Wali Kota diamini Kepala Dinas PUPR Kota Samarinda Hero Mardanus. (HER/KMF-SMD)


Gandeng Pilot Drone Wawali Anggap Bisa Percepat Kota Peradaban

Berita Sebelumnya

Percepat Vaksinasi, Wali Kota Minta “Jemput Bola” untuk Kelompok Masyarakat Prioritas

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar