76 Kali

SAMARINDA. Rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat kota tahun 2019, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Samarinda  menggelar Festival Harganas XXVI di Mall Plaza Mulia Samarinda, 29- 30 April.

Sekda Kota Samarinda Sugeng Chairuddin dalam pidato singkatnya mengatakan acara ini begitu penting diadakan tiap tahunnya, karena bentuk sosialisasi untuk menyebarluaskan betapa pentingnya fungsi keluarga dalam pembangunan dan ketahanan nasional.

Senada disampaikan Ketua Tim Penggeram PKK Samarinda Puji Setyowati, menuturkan acara ini menarik dan sangat baik, karena melibatkan semua kader+kader Genre dan juga kampung KB se kota Samarinda.

"Samarinda sudah mempunyai 41 kampung KB yang meliputi 59 kelurahan, dan Insya Allah akan ditindaklanjuti agar semua kelurahan memiliki kampng KB," lanjutnya. 

Puji berharap dengan Samarinda yang sekarang memiliki slogan “Bersama Kita Bisa”, setiap keluarga-keluarga se Kota Samarinda mempunyai tujuan yang sama, bagaimana mempunyai keluarga yang sehat sejahtera, dan didukung oleh berbagai macam segi dan sudut pandang yang semuanya terintregrasi  bersama di semua SKPD, baik dari segi pendidikan, kesehatan, kesehatan, segi sosial kemasyarakatan dan segi ekonomi yang ada. 

"Kalau semua itu menjadi kegiatan yang holistic terintergrasi yang di-backup oleh setiap SKPD yang ada, maka apa yang menjadi harapan kita bersama, tujuan keluarga itu sendiri untuk menjadi keluarga yang sejahtera akan segera terwujud dengan baik," ucap isteri walikota Samarinda ini.

Kepala DPPKB Samarindah Nurul Mu’minayati mengutarakan kegiatan ini disamping ajang kreativitas seluruh kampung KB, PLKB dan PKB, juga ajang evaluasi bagaimana kader-kader terjun di masyarakat dalam membina kampung KB ini.

"Agar kedepannya bisa dimaksimalkan di setiap kelurahan se Kota Samarinda," beber Nurul yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Adapun festival Harganas dimeriahkanbeberapa macam perlombaan, diantaranya Lomba Yel-Yel yang dimenangkan oleh Kampung KB Gema Kencana, Kelurahan Sindang Sari. Lomba penyuluhan yang dimenangkan Kampung KB Semasa, Kelurahan Bukuan. Lomba Cerdas Cermat yang dimenangkan Kampung KB Gema Kencana, Kelurahan Sindang Sari, serta lomba lomba lainnya yang diikuti oleh setiap kampung KB di setiap kelurahan se-Kota Samarinda.(kmf15)

Penulis: Thohir

Jelang Ramadhan, Jaang Pimpin Apel Siaga

Berita Sebelumnya

Jaang Bahas Isu Sampah Plastik Lewat Program Suara Milenial

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar