61 Kali

SAMARINDA-Meningkatkan kualitas Badan Penelitian dan Pengembangan atau disingkat Litbang, baru-baru ini menggelar rapat koordinasi Kelitbangan se-Samarinda, pada Rabu (24/4) kemarin.

Rakor yang membahas tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Balitbang Samarinda, penguatan regulasi fungsi Kelitbangan, fungsi penelitian dan pengembangan dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan. Kemudian pemaparan Balitbang Samarinda sebagai partner strategis Bappeda.

Dalam pemaparan yang disampaikan Assiten Administrasi Umum Sekkot Samarinda, Ali Fitri Noor mengatakan mengacu pada UU Nomor 23 tahun 2014 di pasal 219 untuk melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di Provinsi, kabupaten atau kota meliputi Badan yang diatur dalam PP Nomor 18 tahun 2016 tentang OPD.

Di mana meliputi tugas melaksanakan penelitian dan penyelenggaran urusan pemerintah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi/kabupaten dan kota sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Serta mengingat fungsi, diantaranya menyusun kebijakan teknik penelitian dan pengembangan, menyusun program perencanaan dan anggaran Litbang, melaksanakan penelitian dan pengembangan, melaksanakan pengkajian kebijakan lingkup urusan pemerintahan, fasilitasi dan pelaksanaan inovasi daerah.

Kemudian strategis Kelitbangan yakni mendorong peningkatan kualitas dan pemantapan regulasi atau kebijakan pemerintahan daerah melalui Penyiapan landasan regulasi/kebijakan yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah,

khususnya berkenaan dengan program legilasi daerah (Prolegda) yang menjadi kebutuhan perangkat daerah. Evaluasi dan penyiapan rekomendasi atas pelaksanaan regulasi/kebijakan dalam rangka efektifitas dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah serta meminimalisir.

“Terutama pentingnya dukungan kepala daerah dalam menyediakan sumber daya manusia yang berkompeten, dukungan anggaran yang memadai dan penyiapan kebijakan yang berbasis Kelitbangan,” terang Ali Fitri.

Diharapkan dari rakor ini Balitbang mampu meningkatkan kualitas penyusunan kualitas Kelitbangan. Sehingga dapat mendukung program pembangunan pemerintahan dan tentunya upaya meningkatkan kinerja Kelitbangan. (kmf4)

Penulis: Ahmad Haidir

Diskominfo Samarinda Serap Program Di Provinsi Melek IT

Berita Sebelumnya

Meski Hujan, Apel Otda Tetap Digelar

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar