75 Kali

SAMARINDA. Pertama kalinya Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati meresmikan Kampung Keluarga Berencana (KB) sejak dilantik 15 Agustus 2019, langsung meresmikan 2 sekaligus. Jika sebelumnya Walikota Samarinda Syaharie Jaang meresmikan Kampung KB ke 45 dan 46 di Kecamatan Sambutan dan dilaksanakan di kelurahan Pulau Atas, Selasa (27/8) ini di kecamatan Samarinda Seberang sebagai kampung KB ke 47 dan 48.

 

Dua Kampung KB tersebut yakni Mangkupalas Kencana di Kelurahan Mangkupalas, dan Tambangan Bedayung di Kelurahan Baqa. Dengan demikian tersisa 11 Kampung KB lagi dari target yang dicanangkan Walikota sebanyak 59 atau tiap kelurahan miliki Kampung KB.

 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Samarinda Nurul Mukminayati mengatakan dalam sambutannya, dengan adanya Kampung KB di setiap Kelurahan, maka akan semakin dekat pelayanan kepada masyarakat yang terintegrasi. "Selain untuk menggairahkan kembali Program KB, juga agar nanti tercipta generasi yang berkualitas," ujarnya.

 

Di samping itu pula lanjutnya, dengan terbentuknya Kampung KB, tersedia Rumah Data yang menggambarkan data dan peta keluarga, data penduduk peserta KB aktif, dan peserta dengan metode kontrasepsi jangka bisa lebih dapat diperbanyak lagi sesuai target yang ditetapkan BKKBN Provinsi Kaltim.

 

Walikota Samarinda dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Walikota Samarinda menyampaikan Kampung KB merupakan program prioritas nasional berkaitan dengan pemberantasan kemiskinan dan pemerataan pelayanan masyarakat. Mewujudkan cita-cita pembangunan Indonesia secara merata, maka dengan diadakannya kampung KB diharapkannya bisa melayani masyarakat sampai ke daerah pinggiran kota.

 

Barkati dalam kesempatan ini menindak tegas apabila ada kelurahan di wilayah Kota Samarinda yang belum membentuk Kampung KB. "Barangsiapa kelurahannya belum membentuk Kampung KB, silahkan buat surat dan kirimkan ke Kecamatan, karena saya lagi dalam program evaluasi di setiap kelurahan," tegasnya.

 

Acara peresmian sendiri ditandai dengan pemukulan beduk, serta pemotongan pita tanda dibukanya Sekretariat Kampung KB yang dilaksanakan Wakil Walikota Samarinda, disaksikan semua pihak yang terlibat dalam peresmian Kampung KB. (kmf15)

 

Penulis: Thohir --Editor: Doni

Badan Litbang Kaji Peran Pendidikan Non Formal Terhadap Dunia Usaha

Berita Sebelumnya

Mobil Walikota Tahun 1995 Lulus Uji Emisi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar