829 Kali

SAMARINDA – Sebagai langkah serius dalam upaya penanggulangan masalah banjir di kota Tepian, Pemerintah Kota kini tengah menyusun persiapan pembentukan Dewan Pengendalian banjir dikota Samarinda. Untuk mendukung pelaksanaannya nanti, dalam kepengurusnya Pemkot akan melibatkan pihak-pihak lain seperti dari unsur Pemerintah Propinsi Kaltim, LSM, maupun asosiasi dunia usaha yang memiliki keterlibatan dalam mengatasi persoalan banjir.

Oleh karena itu, rapat koordinasi membahas persiapan tersebut langsung dipimpin wali kota H Syaharie Jaang di ruang kerjanya dengan langsung didampingi Wakil Wali Kota H Nusyirwan Ismail dan Sekkot H Zulfakar dengan diikuti kepala SKPD terkait, Senin (20/1).

”Mengingat untuk masalah yang satu ini, semua unsur tidak boleh lengah apalagi pada kondisi cuaca saat sekarang, maka sudah sepatutnya pemerintah mengedepankan langkah antisipasi,” kata Nusyirwan kepada media usai menghadiri rapat koordinasi.

Rakor kemarin sendiri merupakan langkah penajaman masing-masing SKPD melalui tim dibawah koordinasi langsung wali Kota.

Menurut Nusyirwan masalah banjir sudah seharusnya menjadi komitmen bersama untuk menanggulanginya. ”Karena apabila tidak bisa, mungkin saja Samarinda yang saat ini posisinya sebagai ibu kota provinsi Kaltim, kedepan bisa saja mengalami seperti apa yang dialami dengan kota Jakarta,” ucap Wawali yang juga ditunjuk sebagai Dewan Pengendalian Banjir.

Untuk itu sebagai langkah awal sambung Nusyirwan tim sudah mulai bekerja melalui koordinasi lintas bidang dalam mengawal SKPD agar tidak terjadi pelanggaran pada pelaksanaan kegiatan di lapangan dan lebih terkoordinir. Seperti dia mencontohkan Dinas Perhubungan yang walaupun dalam kondisi tergenang banjir tetap harus menjaga alur jalan agar masih bisa dilintasi. ”Semangat ini semua tujuannya untuk membuat tata ruang yang baru dan semangat untuk menyelesaikan masalah secara bersama,” tandasnya.

Jaang Resmikan Proyek Secara Massal

Berita Sebelumnya

Bermodalkan Gambar, Minta Dukungan Propinsi dan Pusat

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar