69 Kali

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati melakukan Launching Kampung KB terakhir di Kecamatan Palaran, tepatnya di Kelurahan Rawa Makmur yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna  Kelurahan Rawa Makmur Jl Ampera, Senin ( 07/10).

 

Ketua Kampung  KB  Makmur Mandiri Imam Khuddori mengatakan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB kota Samarinda dan  kantor Pegadaian (Persero). Ia menyebutkan dukungan yang diberikan Kantor Pegadaian (Persero) yaitu melalui Program menabung sampah rumah tangga menjadi tabungan emas.

 

Program ini sebutnya menjadi Program Unggulan Kampung KB Makmur Mandiri dalam rangka mengurangi pencemaran lingkungan di wilayah Kelurahan Rawa Makmur. Selain itu, juga memberdayakan masyarakat Rawa Makmur agar terhindar dari masalah sampah. Bahkan yang dulunya sampah menjadi momok, justru dengan adanya program ini bisa menjadi tambahan masukan ekonomi bagi keluarga.

 

"Khusus Kampung KB yang ada di Kelurahan Rawa Makmur lebih mengedepankan salah satu fungsi dari 8 fungsi KB, yakni fungsi pembinaan  lingkungan. Seperti mengelola sampah yang hasilnya menjadi tabungan emas,” terang Camat Palaran, Suwarso.

 

Dia juga meyakini bahwa Kampung KB Makmur Mandiri yang ada di Kelurahan Rawa Makmur karena segala programnya sudah berjalan, maka akan menjadi  makmur dan berjaya.

 

Perwakilan BKKBN Provinsi, Karlina mengucapkan  terima kasih kepada DPPKB Kota Samarinda yang telah  menyelesaikan Komitmen Walikota untuk ingin mewujudkan 59 Kampung KB, yaitu setiap kelurahan mempunyai 1 Kampung KB.

 

Karlina mengharapkan kepada Pemerintah untuk menambahkan petugas Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) karena saat ini 1 petugas PKB menangani 2 sampai 3 Kampung KB.

 

Sebulum melaunching dan menandatangani prasasti di Kampung KB Makmur Mandiri, Wakil Walikota berpesan kepada seluruh Kampung KB tidak berhenti berinovasi dan berkarya untuk mengembangkan program-program yang sudah dilaksanakan. Barkati juga mengajak kepada seluruh OPD yang ada di Samarinda saling memberikan masukan  program-program yang ada di Kampung KB.

 

Di akhir sambutannya Barkati berpesan kepada Kepala BPPKB, Camat dan Lurah agar selalu mengevaluasi Kampung KB yang telah berjalan dan selalu memberikan motivasi agar Kampung KB selalu berinovasi, tidak hanya berawal dan berakhir di seremonial saja. (kmf10) 

Penulis: Eko --Editor: Doni

Wawali Sambut Peserta Latgabnas Pramuka Dari 70 Perguruan Tinggi

Berita Sebelumnya

Festival Mahakam Kembali Usung 100 Wonderful Event Indonesia

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar