15 Kali

SAMARINDA. Meminimalisir kecelakan sungai Dinas Perhubungan Kota Samarinda melaksanakan kegiatan Kampaye Keselamatan Pelayaran dan Pelatihan Dasar SAR di Dermaga Mahakam Ulu, Jl Untung Suropati, Kecamatan Sungai Kunjang, Rabu (20/11).

Kepala Bidang Keselamatan Dishub Kota Samarinda, Agus Sri Haryoto melaporkan kegiatan ini dilaksanakan  selama 1 hari dan diikuti sebanyak 75 orang terdiri dari petugas Dermaga Dishub Kota Samarinda, Nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK).

Menurutnya, dengan sasaran petugas depan Dermaga dan ABK agar mengenal cara  menolong dan menyiapkan alat-alat, serta mengenal tanda-tanda  bahaya yang diberikan dari kapal. Sementara Asisten Administrasi Umum Setkot Samarinda, Ali Fitri Noor mengatakan rescue kadang-kadang dipandang sebagai hal yang kecil. Tetapi bila ada bencana sangat dibutuhkan orang dan ini merupakan pekerjaan yang memiliki nilai ibadah yang sangat tinggi.

"Oleh sebab itu, Walikota Samarinda sangat mengapresiasi sekali kegiatan pelatihan ini dan kegiatan ini harus dilanjutkan," ujar Ali Fitri.

Dikatakannya Sungai Mahakam yang membelah Kota Samarinda dan menghubungkan daerah di wilayah kabupaten-kabupaten dalam Provinsi Kalimantan Timur memiliki potensi alam yang perlu dikembangkan. Karena angkutan sungai memiliki kelebihan-kelebihan di antaranya daya angkut yang besar dan biaya operasional yang rendah, serta alur pelayaran yang sudah tersedia oleh alam. 

Oleh karena itu katanya, perbaikan kinerja pelayaran angkutan sungai harus memperhatikan tingkat keselamatan pelayaran.

"Pengusaha angkutan sungai harus memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi penumpang atau pengguna jasa dengan menyediakan alat-alat keselamatan, seperti pelampung, baju keselamatan, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan yang lainnya,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Ismanyah mengharapkan dengan pelatihan ini dapat mengurangi  tingkat kecelakaan di sungai dapat menurun, serta para mahkoda dan ABK dapat mengatasi hal-hal  yang kecil.

Ismansyah mengatakan kegiatan ini selalu berlanjut dan akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pengelola kapal-kapal yang ada, terutama pada jalur ke Mahakam Ulu. (kmf10)

Penulis: Eko --Editor: Doni

Samarinda 3 Kali Raih Kota Sehat Tertinggi

Berita Sebelumnya

Rakor Forkopimda, Barkati Harapkan Pilkada 2020 Lebih Kondusif

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar