40 Kali

SAMARINDA. Upaya memberikan pelayanan perizinan yang maksimal di Mal Pelayanan Publik (MPP) Samarinda sehingga bukan hanya sekedar pelayanan, Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengumpulkan OPD dan Perusda untuk mendengarkan pengarahan langsung dari Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Jeffrey Erlan Muller.

Penajaman pelayanan kepada beberapa OPD yang telah memberikan pelayanan di MPP Samarinda ini berlangsung di ruang VIP Rumah Jabatan Walikota, Kamis (21/2) yang dipimpin walikota Samarinda.

“Kami harapkan pengarahan dari bapak Asisten Deputi demi maksimalnya pelayanan di MPP sebelum diresmikan Pak MenPAN RB,” ucap Jaang.

Jaang mengatakan bakal terus menyiapkan MPP yang refresentatif kedepannya. “Nanti kedepannya MPP bisa menempati gedung baru 4 lantai di Jl Pahlawan eks kantor Dinas Koperasi yang saat ini hampir selesai. Karena seperti kita ketahui, MPP ini bukan hanya aneka pelayanan termasuk perizinan saja, tapi dilengkapi pula fasilitas lainnya seperti kafe dan permainan anak,” beber Jaang.

Ternyata tidak hanya itu, ditambahkan Jeffrey MPP bukan sekadar aneka pelayanan dan perizinan, tetapi dilengkapi travel, pengiriman barang, kafe, kuliner, tempat pijat atau refleksi permainan anak dan lainnya layaknya mal.

“Bisa juga disiapkan pelaminan. Sehingga yang ke loket pelayanan KUA bisa langsung nikah dan diabadikan di pelaminan. Pokoknya bagaimana menjadi tempat menyenangkan. Konsep seperti ini bisa dikembangkan di MPP Samarinda, namun harus didukung semua OPD,” ungkap Jeffrey.

Selain itu disebutkannya ketika masyarakat dating, semua tersedia di MPP dan tentunya persyaratannya disederhanakaan, tidak berbelit-belit.

“Perlu juga basis data dan disiapkan pelayanan internet gratis. Tolong dukungan dari Kominfo mewujudkan ini,” pesan Jeffrey.

Tentunya ditekankan Jeffrey mewujudkan ini bukan hanya kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, tapi semua OPD. “Bukan hanya kerja Pak Mau (Akhmad Maulana kepala DPMPTSP, red). Sangat diperlukan komitmen teman-teman semua OPD. Apalagi MPP Samarinda ini satu-satunya di Kalimantan yang menjadi kebanggaan,” tandasnya.

MPP Samarinda sendiri saat ini sudah siap memberikan pelayanan dalam berbagai macam urusan, sekitar 133 urusan yang disiapkan oleh 17 OPD Pemkot Samarinda dan beberapa instansi vertikal termasuk Telkom dan Bank Kaltim.

Maulana menyebutkan sebelum diresmikan MenPAN RB Syafruddin, terlebih dahulu Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa akan meninjau MPP Samarinda, dan setelah itu baru ditetapkan kapan peresmiannya. “Pak wali juga akan mengumpulkan ratusan pejabat hingga Lurah untuk mendapat pengarahan dari ibu Deputi pada tanggal 4 Maret,” beber Maulana.(kmf2)


Walikota Samarinda Syaharie Jaang bersama Sekretaris Daerah Kota Sugeng Chairuddin Rapat Koordinasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsedasi) 2019, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome. Rakor ini langsung dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tampak Sekda bersama Mendagri.(kmf5/9)

Citra Niaga akan Diramaikan Event Sepanjang Tahun

Berita Sebelumnya

Mendagri : Sekda Harus Kuat dan Tegas untuk Cegah Korupsi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar