135 Kali

    SAMARINDA. Sosialisasi Aplikasi e- Kecamatan dan Aplikasi lainya yang diselenggarakan Diskominfo Kota Samarinda Kamis (27/12) di Ruang Wawali Lantai II Balaikota Samarinda dihadiri Camat dan dibuka langsung Kadis Kominfo Aji Syarif Hidayatullah. Sosialisasi ini untuk lebih menyelaraskan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) antara OPD, Kecamatan Kelurahan karena SPBE sudah masuk dalam visi misi Walikota yang dimasukkan dalam RPJMD sehingga tidak ada alasan lagi untuk menolak program yang telah disusun oleh Pemerintah.     

    “Memang kalau lihat perkembangannya ini, dalam penyusunan SPBE Samarinda sudah bisa disejajarkan dengan kota besar lainnya. Secara regulasi kita sudah memenuhi syarat tetapi secara struktur kita masih jauh tertinggal, nah itu yang harus kita kejar bersama-sama," ucap Dayat demikian Aji disapa. 

    Bahkan sebutnya pada salah satu kesempatan Walikota mengemukakan sangat antusias bisa mendukung SPBE dengan salah satunya untuk membangun jaringan infrastruktur Fiber Optik (FO) di Pemkot Samarinda baik untuk mengembangkan jaringan CCTV atau konektifitas lainnya. 

    "Sehingga tujuannya nanti seluruh OPD, Kecamatan dan Kelurahan bisa terkoneksi dengan adanya jalur infrastruktur FO,” jelas Dayat.

    Oleh sebab itu menurut Dayat sosialisasi ini agar diimplementasikan sebaik – baiknya. “Semua ini harus ada dukungan dari OPD, Kecamatan, Kelurahan supaya e-Kelurahan dan e-Kecamatan ini bisa dijalankan dengan maksimal dengan cara menjalankan e-warga. Kalau ini sudah jalan, itulah yang dimaksud dengan SPBE sebenarnya, bagaimana Pemerintah bisa  melayani masyarakat seperti warga tidak perlu antri lagi urusan di Kelurahan atau Kecamatan karena lewat smart phone android saja sudah bisa diproses,” terangnya. 

    Selain itu Diskominfo tidak hanya berhenti sampai Kelurahan atau Kecamatan saja untuk terus mengembangkan SPBE tersebut bahkan terus dikembangkan sampai ke Discapilduk. 

    “Program SPBE akan kita kembangkan terus, karena ini sudah menjadi kebutuhan penting untuk warga di jaman yang modern seperti sekarang. Sehingga dengan satu aplikasi e-Warga bisa dikembangkan berurusan sampai ke capil, bisa lewat satu pintu baik Perijinan, Kependudukan ke sekolah dan lainnya itu yang kita inginkan, intinya di Kelurahan dan Kecamatan harus bagus dulu baru nanti kita kembangkan," katanya. 

    Menurutnya dengan dukungan e-Kecamatan, e-Kelurahan ini bisa berjalan menjadikan Samarinda berkembang lebih besar lagi.

    Untuk infrastruktur FO kedepannya akan dibangun secara pelan - pelan dan bersama karena kedepannya Pemerintah Kota Samarinda sendiri yang memiliki jaringan infrastruktur FO tersebut sehingga berapapun anggarannya tidak habis begitu saja untuk sewa menyewa terhadap pihak lain.   

    “Diskominfo siap memberikan reward kepada Kelurahan yang menggunakan pelayanan warga melalui aplikasi e-Kelurahan terbanyak akan kita apresiasi dengan 1 unit komputer bagus untuk mendukung kinerja di lapangan. Oleh sebab itu harus pintar–pintar kita dengan anggaran. Tetap semangat bersama-sama untuk terus mempromosikan juga membangun Kota Samarinda dengan SPBE karena yang kita buat ini tidak sesederhana yang direncanakan,” pungkasnya. (kmf5)

Penulis: Afdani

PDAM Dibantu Excavator dan Forklift, Dukungan Operasional dari BRI dan Mega Syariah

Berita Sebelumnya

Kumpulkan Pelaku Usaha Ritel dan Mall, Jaang Kampanyekan Stop Penggunaan Plastik

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar