80 Kali

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang  mengapresiasi kepada OPD yang telah menyelesaikan Data Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018. 

Adapun OPD yang terbaik untuk kelompok A adalah Sekretariat Daerah, kelompok B Badan Litbang dan kelompok C Kecamatan Samarinda Seberang. (Lebih lengkap, lihat tabel).

Piagam penghargaan ini diberikan pada OPD di lingkungan Pemkot Samarinda dirangkai dengan Apel Pagi, Senin (29/4).

“Tadi kita telah menyaksikan penyerahan piagam penghargaan ini untuk menyemangati memotivasi pada kita semua, harus terukur dan dinilai dengan baik. Banyak saat sekarang baik penghargaan Nasional pun juga demikian. Saya beberapa hari yang lalu juga mendapatkan penghargaan Bidang Inovasi Layanan Satu Data yang diterima oleh Sekretaris Daerah di Jakarta. Begitu banyak penghargaan yang kita dapatkan beberapa waktu terakhir ini,” beber Jaang. 

Menurut Jaang dalam amanatnya kalau masalah laporan keuangan ini tentang ketepatan waktu dan  bagaimana juga harus ditaati agar tidak menjadi masalah dikemudian hari. 

"OPD harus melaporkan data keuangan paling lambat tanggal 28 Februari 2019 dan laporan keuangan harus dilaporkan ke BPK paling lambat tanggal 31 Maret 2019," tegasnya.

Menurutnya, laporan keuangan Pemkot Samarinda merupakan gabungan dari laporan keuangan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Samarinda. 

Dikatakannya, semakin cepat OPD melaporkan keuangan semakin bagus secara langsung bisa berpengaruh kepada laporan keuangan Pemkot Samarinda. 

"Alhamdulillah kita sudah selesaikan laporan keuangan tetapi terkadang masih saja ada OPD yang lambat memberi data laporan keuangannya bahkan sampai dipanggil dan dicari, padahal ini suatu kewajiban. Laporan yang lambat ini bisa mengganggu sistim yang ada. Jangan melihat siapa yang diminta data tetapi apa yang diminta itu untuk kebaikan kita bersama. Jangan dilihat siapa yang bicara tetapi dengarkan agar bisa menjadi kebaikan bersama,” tuturnya.

Ditambahkan pula bukan penghargaannya yang sikejar tetapi yang menjadi komitmen bersama adalah bagaimana selalu memberikan yang terbaik. 

“Seperti pada beberapa waktu lalu kita mengadakan mutasi yang banyak dan Insya Allah dalam waktu dekat kita akan adakan mutasi lagi. Dimanapun saudara ditempatkan apapun tugas dan tanggung jawabnya berikan yang terbaik,"pesan Jaang. 

Menurutnya bukan hanya sebatas kepada OPD tetapi kepada seluruh masyarakat harus memberikan pelayanan yang terbaik. 

"Contohnya seperti dari bawah jadilah Cleaning Servis atau Administrasi yang baik begitupun pula bagi pejabat harus menunjukkan contoh kinerja yang baik. Semua tugas ini adalah penting, sampai wakar, tukang kebun pun penting karena kita tidak bisa melaksanakan ini sendirian,” tambah Jaang. 

Diakhir amanatnya Jaang berpesan kepada Inspektorat untuk masalah Data Laporan Keuangan harus lebih cerewet lagi kepada OPD apalagi yang lambat. “Tolong kalau ada opini biasanya ada masukan yang kita tindak lanjuti bersama selama 60 hari. Saya minta kepada seluruh kepala OPD  dan seluruh staf untuk membantu menyelesaikan karena yang terpenting kita harus selesaikan internnya karena kalau kita tidak bisa selesaikan itu selama 60 hari maka ini sebagai catatan bagi opini keuangan kita," katanya. 

Kalau menyangkut kerugian menurutnya ini bisa bahaya makanya Inspektorat harus kuat dan tegas terhadap Opini yang diberikan oleh BPK ini.

"Selama 60 hari Inspektorat harus cerewet,” tutupnya. (Kmf5)


Tabel OPD Peraih Penghargaan Penyelesaian Data Laporan Keuangan 

I. Kelompok A

Peringkat I Sekretariat Daerah

Peringkat II Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Peringkat III Dinas Pemadam kebakaran

II kelompok B

Peringkat I Badan Penelitian Dan Pengembangan 

Peringkat II Dinas Pariwisata

Peringkat III Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak 

Peringkat IV Satuan polisi Pamong Praja

III. Kelompok C 

Peringkat I Kecamatan Samarinda Seberang

Peringkat II Kecamatan Sungai Kunjang

Peringkat III Kecamatan Samarinda Kota

Tenun Sutra, Kampung KB ke 41

Berita Sebelumnya

Perkuat Penyebarluasan Informasi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar