515 Kali

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, Dian Ruhendra mengikuti Diskusi Intensif Kolaborasi Transformasi Digital melalui video conference di Ruang Kerja Sekretaris Diskominfo Kota Samarinda, Kamis (18/8/2022)

Diskusi ini guna memperkenalkan perusahaan penyedia jasa Cloud yaitu Amazon Web Services (AWS). Diungkapkan dalam diskusi tersebut, Intinya, Apeksi mengedukasi pemerintah kota menggunakan teknologi Cloud.

Sebagai informasi, Cloud merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak. Di era digital saat ini, penyimpanan data sudah jarang menggunakan hard drive portabel atau di komputer.

Sekilas, Dian Ruhendra menyampaikan apa yang sudah dikerjakan oleh Kominfo Kota Samarinda, diantaranya jaringan terintegrasi ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Samarinda, Data Centre atau Ruang Server dan lainnya.


"Namun semua ini sebaiknya pihak dari AWS bisa berkunjung ke Kota Samarinda agar dapat melihat dan menilai langsung kira-kira apa saja yang harus dilakukan dan dikembangkan oleh Pemerintah Kota untuk lebih baik lagi kedepannya," ucap Dian.

Ditemui terpisah, Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Kota Samarinda mengatakan bahwa Pemerintah Kota Samarinda merupakan Kota pertama yang difasilitasi oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) terkait percepatan transformasi digital di Pemerintah Kota seluruh Indonesia.

"Pemkot menyambut baik Kehadiran AWS, apalagi dengan penerapan Smart City di Kota Samarinda, kebutuhan Cloud services adalah sebuah keniscayaan, intinya kita welcome kepada siapapun yang bisa membantu mengakselarasi pencapaian 10 program unggulan Wali Kota Samarinda khususnya di program Smart City plus dan juga SSN (Social Security Number)" ucap Idfi mengakhiri. (FER/ASYA/KMF-SMR)

Disporapar Samarinda Mantapkan Persiapan Pawai Pembangunan

Berita Sebelumnya

Usai Hadir Dalam Rakornas, Wawali Sebut Inflasi Sekarang Jadi Masalah Serius Daerah

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar