297 Kali

    SAMARINDA. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda‎ dalam waktu dekat bakal membangun jaringan internet di seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda dengan sistem pengelolaan fasilitas secara terpusat.

       Kini masuk dalam tahap penyusunan master plan pembangunan jaringan fiber optic (FO).

    Kepala Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah mengatakan, jika rencana tadi terwujud, maka kedepan Pemkot akan memiliki jaringan koneksi internet sendiri.

    Mengingat kata dia, selama ini cost atau biaya penggunaan internet dimasing-masing OPD pertahunnya cukup tinggi, termasuk di Diskominfo itu sendiri.

    "Sekarang sudah masuk tahap penyusunan master plan jaringan fiber optic, tujuannya agar konsep perencanaan kedepan‎ nanti bisa terus berjalan siapa pun yang bakal memimpin Diskominfo nanti," tutur Dayat biasa Aji disapa.

    Ia menjelaskan, keberadaan fasilitas penunjang seperti jaringan FO yang bakal dibangun Diskominfo nanti sangat penting. Tak dipungkiri semua satuan kerja saat ini memerlukan jaringan‎ internet untuk berbagai keperluan mulai dari menginput hingga pengiriman data. Oleh itu kedepan, sambung dia OPD yang memberikan pelayanan publik berbasis Internet sudah bisa terkoneksi secara horizontal dalam hal pengentrian data. Tak itu saja, bahkan dengan jaringan yang sudah membaik nanti pastinya akan berimbas pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Khususnya lanjut Dayat pada sektor-sektor pajak seperti  hotel dan restoran yang nantinya akan terkoneksi dengan baik lewat sistem infrastruktur jaringan yang telah diatur oleh Badan Pendapatan Daerah Samarinda.

    "‎Untuk membangun jaringan FO ini memerlukan dana sebesar Rp 30 Miliar, saat ini  kita akan melakukan review study terhadap assement master plan  yang dipaparkan oleh konsultan dengan melibatkan para akademisi. Semoga tahun depan, sebagai tahap awal sudah masuk dalam perencanaan pembangunan infrastruktur dan dilanjutkan penyediaan jaringan internet," ungkap Kadis Kominfo ini.(kmf4)

Penulis: Echa

Disnaker Samarinda Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Berita Sebelumnya

Sekda Lepas Kontingen Porprov ke Kutim

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar