339 Kali

SAMARINDA-Menuju tata kelola pemerintahan yang lebih modern dengan memanfaatkan teknologi informasi, kini kebijakan tanda tangan elektronik mulai digulirkan di lingkungan Pemkot Samarinda. Untuk memuluskan langkah tadi, perlahan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda mulai menggelar bimbingan teknis bagi jajaran pegawai sebagai upaya percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

Bimtek yang digelar, mulai Rabu (24/3) pagi di kantor Diskominfo Samarinda ini akan berlangsung selama 4 hari. Di mana hari pertama Bimtek ini tadi diikuti sedikitnya 125 peserta dari berbagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Kepala Seksi Statistik Bidang Persandian, Diskominfo Samarinda, Sofyan Agus mengatakan keuntungan menggunakan tanda tangan elektronik ini bisa memberikan kemudahan dalam melakukan proses penanda tanganan bagi para pejabat di lingkungan Pemkot, selain metode pengamanannya juga sesuai standar dan terpusat untuk penyimpanan kunci privat dan sertifikat elektronik.

 

“Jadi tanda tangan elektronik ini lebih fleksibel bagi penggunanya karena dapat dilakukan di mana saja baik dari aplikasi mobile, desktop, hingga website dengan menggunakan sertifikat elektronik yang sama,” jelas Agus.

 

 

Terkait dokumen yang dapat ditandatangani secara elektronik sendiri sambung dia, berupa tata naskah dinas seperti surat edaran, surat keterangan hingga surat keterangan melaksanakan tugas dan surat undangan.

 

“Sedangkan untuk produk dokumen berupa layanan unik penyelenggaraan pelayanan publik yang bisa ditandatangani secara elektronik mulai dari surat keterangan Kecamatan/Kelurahan/Puskesmas, Administrasi Layanan Disdukcapil, Perijinan dan non Perijinan serta produk layanan lainnya yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku," sebutnya menutup. Fer/Cha/KMF-SMD

 

Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Rusmadi Ungkap Teori Ruang

Berita Sebelumnya

Ramadhan Semakin Dekat Wali Kota Tuntut PDAM Untuk Memenuhi Kebutuhan Warga

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Informasi OPD

Tinggalkan Komentar