87 Kali

SAMARINDA. Sebanyak 4.500 Sambungan Rumah (SR) jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) yang tersebar di berbagai lokasi di kecamatan Sambutan, akhirnya diresmikan.

Peresmian bersama oleh Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto, Wakil ketua MPR RI Mahyudin, Anggota Komisi VII DPR RI Ihwan Datu Adam, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, Direktur Utama PT Pertamina Gas Wiko Migantoro, dan President Direktor PT Pertagas Niaga Linda Sunarti berlangsung di halaman masjid Sabiqul Amin Sambutan, Pelita 4, Senin (25/3).

“Alhamdulillah, akhirnya yang dinanti-nantikan masyarakat Samarinda secara bertahap mulai terealisasi. Tinggal ketek kompor aja di rumah, sudah bisa langsung masak. Ibu-ibu tak perlu lagi capek mengantri dan menjenteng gas tabung melon, atau kehabisan gas di malam hari,” ucap Walikota dalam sambutannya.

Jaang mengharapkan masyarakat Samarinda ikut mengamankan serta memelihara infrastruktur jargas untuk rumah tangga yang telah dibangun Kementerian ESDM dengan menggunakan dana APBN sehingga manfaat gas bumi untuk sektor rumah tangga sebagai bahan bakar yang murah, aman, nyaman, ramah lingkungan dapat terwujud di Samarinda.

“Harapan kami kepada bapak Dirjen Migas agar bisa memberikan bantuan pengelolaan jargas yang telah terpasang ini, serta tambahan jargas untuk kawasan rumah tangga lainnya yang membutuhkan demi terwujudnya city gas Samarinda,” tuturnya.

Sementara Djoko mengatakan pembangunan jargas merupakan program prioritas pemerintah yang dilakukan untuk memberi dampak positif, baik dari sisi ekonomi maupun sosial bagi masyarakat kecil.

“Ada penghematan yang akan masyarakat rasakan dan harapannya daya beli akan meningkat,” ujar Djoko.

Dikatakannya program jargas di Samarinda dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM untuk mengoptimalkan pemanfaatan gas alam bagi kebutuhan rumah tangga dan pelanggan kecil guna mengurangi biaya subsidi LPG.

“Pemerintah berkomitmen akan terus mendorong dan mempercepat program jargas melalui APBN sehingga semakin banyak masyarakat merasakan manfaat penggunaan gas bumi,” imbuhnya.

Adapun total jargas yang dibangun di Kaltim mencapai 34.574 SR yang tersebar di Balikpapan 8.849 SR, kota Bontang 16.965 SR, PPU 4.260 SR dan Samarinda 4.500 SR.

Mahyudin, mengemukakan tahun depan mengupayakan penambahan 100 ribu SR di Kaltim. Bahkan sebutnya ketika di Bontang Menteri ESDM telah berjanji untuk penambahan tersebut.(kmf2)

Penulis: Doni

295 CPNS Terima SK, Aktif Mulai 1 April 2019

Berita Sebelumnya

90 Pegawai Terima Penghargaan Purna Tugas

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar