1118 Kali

Jembatan kembar tersebut nantinya akan diberi nama Jembatan Mahakam IV atau yang saat ini dikenal dengan nama Jembatan Kembar. Adapun dana yang dibutuhkan sekitar Rp 171 miliar rupiah yang berasal dari APBD Provinsi Kaltim.

Wali kota Samarinda Syaharie Jaang yang turut hadir dalam peresmian itu turut menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kaltim, Ketua DPRD Kaltim, dan segenap pihak terkait lainnya yang telah membantu mewujudkan jembatan kembar dengan menghubungkan Kecamatan Sungai Kunjang, dengan dan Kecamatan Samarinda Seberang. “Ini usulan Pemkot Samarinda dalam Musrembang tingkat provinsi lalu, dan syukur Alhamdulillah mendapat persetujuan dari berbagai pihak sehingga hari ini diresmikan pemancangannya oleh Gubernur Kaltim,” paparnya.

Dikatakannya, jembatan yang panjang bentang keseluruhan mencapai 400 meter yang terdiri atas tiga bentang, yakni satu bentang utama sepanjang 220 meter dan dua bentang lainnya masing-masing 90 meter. “Jembatan ini nantinya akan memiliki dua lajur kendaraan roda empat ke atas yang disiapkan tujuh meter dan di kiri kanannya terdapat lajur kendaraan roda dua.,” paparnya. Disampaikan nantinya, kedua jembatan hanya akan dilalui satu jalur untuk kendaraan. Tak seperti dua arus lalu lintas di Jembatan Mahakam saat ini.

Dengan pemberlakuan itu, diharapkan akan mampu memecah kepadatan arus lalu lintas. Pada kesempatan itu juga Walikota menyampaikan besok (20/2) akan dimulai rencana pengerukan alur sungai Karang Mumus yang mengalami sedimentasi pada segmen di sekitar jalan dr Sutomo atau yang dikenal dengan nama Gang Nibung. "Yang penting dukungan masyarakat atas upaya Pemerintah untuk menormalisasi aliran air Sungai Karang Mumus. Selain itu saya imbau penting bagi masyarakat yang tinggal di sekitar SKM untuk tidak membuang sampah ke sungai sehingga tidak menambah volume sedimentasi yang ada di delta sungai,” pungkasnya.(Hms4).

Buka Amplop Hasil Lelang Pejabat Saat Apel

Berita Sebelumnya

Giliran Median Jalan Diperbaiki

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar