71 Kali

SAMARINDA. Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim yang baru saja dilantik Hadi Mulyadi berkesempatan melepas kapal bantuan yang mengangkut bahan pokok dan kebutuhan lainnya dari warga Kota Samarinda  secara simbolis untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sabtu (6/10/2018) siang di Pelabuhan Samarinda.   
 “Ini misi kemanusiaan yang sangat luar biasa, bantuan korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala. Atas nama Pemprov Kaltim tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang ikut bekerja keras dalam misi kemanusiaan ini. Khususnya keluarga besar Tionghoa yang memprakarsai kegiatan ini dengan menyumbangkan barang yang nominalnya mencapai Rp 2,4 miliar. Selain itu juga ada bantuan dari seluruh warga Samarinda yang dikordinir Pemkot Samarinda, TNI, dan Polres dengan membuka posko tanggap bencana,” ungkap Hadi.
Sementara Walikota Samarinda Syaharie Jaang menambahkan, kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik berkat kerja sama yang baik pula antara jajaran Pemprov Kaltim, Pemkot Samarinda , TNI, Polri, KSOP, Pelabuhan Indonesia, masyarakat Samarinda, dan seluruh komunitas Tionghoa sebagai pemrakarsa misi kemanusiaan ini.
“Kepedulian masyarakat Samarinda dan para pengusaha terhadap saudara-saudari kita yang tertimpa musibah sangat luar biasa terutama komunitas Tionghoa yang menjadi pemrakarsa dalam kegiatan ini. Terlebih kekompakan Pemprov Kaltim, Pemkot Samarinda, TNI, Polri juga menjadi andil besar dalam misi kemanusiaan ini untuk terus mengkordinir bantuan yang masuk dengan dipusatkan di Korem 091/ASN Samarinda. Yang pasti sumbangan juga terus masuk dan beberapa hari kedepan juga ada jadwal lagi kapal berangkat ke Palu. Sedangkan sumbangan lewat rekening yang digalang Pemkot Samarinda yang disalurkan sampai saat ini berkisar Rp 300 Juta bahkan bisa terus bertambah karena sumbangan-sumbangan dari sekolah belum masuk semua.” terang Jaang.
Sementara itu untuk menanggapi para pengungsi yang diperkirakan akan masuk di Kota Samarinda, Jaang akan berkordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Samarinda.
 “Nanti pengungsi yang ada di Balikpapan menyebar dan bisa sebagian ke Samarinda. Dan untuk pengungsi yang masuk Samarinda akan kita data. Kita akan tampung bisa kita tempatkan di Gor Segiri atau Gor Palaran. Jangan sampai para pengungsi ke sini tapi tidak ada tujuan kasihan nanti terlantar. Saya sudah bilang dengan Kepala Dinsos (Ridwan Tassa, Red) bahwa nanti bisa dicek tujuannya pegungsi ke mana entah bertemu keluarganya bila ada di Samarinda dan sebagainya," terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, Jaang juga mengajak semua pihak untuk terus berdoa memohon kepada Allah semoga Kota Samarinda selalu dijauhkan dari musibah. "Secara pribadi dan atas nama Pemkot Samarinda kami juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu misi kemanusiaan ini. Kepada warga yang ingin menyumbang, sikahkan bisa langsung antar ke Korem 091/ASN sebagai posko kordinator,” tandas Jaang. (kmf5/kmf3)

Hadiri Wayang Kulit, Walikota Tegaskan Semua Warga Berhak Dilayani Setara

Berita Sebelumnya

Pisah Sambut, Awang Faroek Doakan Isran - Hadi

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar