192 Kali

    SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda akan terus berusaha maksimal merespon aduan masyarakat.

    Mewujudkan itu, diawali dengan melaksanakan  Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)– Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

   LAPOR ini sendiri merupakan aplikasi dari pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Aplikasi LAPOR adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online.

     Dalam sambutannya Walikota Samarinda yang dibacakan staf Ahli Bidang Pemerintahan Sucipto Wasis menyampaikan Pemerintah atau penyelenggara wajib menindaklanjuti semua pengaduan, baik pengaduan pelayanan publik antar instansi, lintas instansi, dari unit terbawah sampai dengan unit teratas.

    “Harapan saya kepada para peserta SP4N-LAPOR setelah sosialisasi dan bimtek ini, admin SP4N-LAPOR dan seluruh Pejabat Penghubung OPD akan dapat langsung menerapkan di kantor masing-masing serta menindaklanjuti seluruh pengaduan dan aspirasi masyarakat sesuai mekanisme dan SOP SP4N LAPOR.

    Kepala Dinas Kominfo Aji Syarif Hidayatullah menegaskan hampir seluruh masyarakat Samarinda menggunakan Media Sosial bahkan masyarakat lebih percaya BUSAM dari pada Informasi Layanan OPD yang telah disediakan.

    “Saya sudah pernah menjelaskan pertanyaan masyarakat di group itu akan tetapi pertanyaan yang sama diulang lagi dibawah,” tegas Dayat.

    Selanjutnya narasumber Deputi Kementrian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Alfian Afan Ghafar menyampaikan setiap laporan akan diteruskan ke instansi terkait secara digital, cepat, dan tepat serta dapat dipantau tindak-lanjutnya secara interaktif. 

    Menurutnya pembangunan LAPOR didasarkan pada fakta, bahwa jumlah pengguna ponsel, internet, dan media sosial di Tanah Air kian melonjak signifikan. 

    Fakta itu kemudian ditangkap sebagai peluang sekaligus tantangan untuk menjaring suara masyarakat seluas-luasnya dan memuarakannya ke arah yang lebih konstruktif.

    “Layanan ini dikelola oleh Kementerian PAN dan RB, bersama UKP4, serta melibatkan seluruh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik, yang akan menindaklanjuti setiap aspirasi dan pengaduan masyarakat,” ungkap Alfian.

    Kedepan Pemerintah berharap agar masyarakat khususnya Samarinda lebih percaya mengunakan layanan LAPOR dibandingkan media sosial lainnya. (kmf7)

Penulis: Alif Akbar

Diskominfo Rancang Blue Print Smart City Samarinda

Berita Sebelumnya

"Penghargaan Bukan yang Utama, Pelayanan Publik Harus Terbaik"

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar