537 Kali

    SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda secara resmi menetapkan Peraturan Walikota (Perwali) Samarinda Nomor I Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Perwali ini dikeluarkan berdasarkan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, sehat dengan partisipasi warga untuk mengurangi penggunaan kantong plastik karena bahan seperti ini sifatnya sangat susah teruarai secara alami sehingga dampaknya sangat berbahaya bagi lingkungan.

    Walikota Samarinda Syaharie Jaang menegaskan bahayanya sampah dengan bahan kantong plastik menjadi permasalahan tersendiri terhadap lingkungan. “Plastik itu sifatnya sulit terurai secara alami sehingga bisa menimbulkan permasalahan tersendiri untuk lingkungan. Oleh sebabnya Perwali ini dibuat untuk dilakukan upaya pengendalian terhadap dampak kurang baik dari penggunaan kantong plastik, tujuannya agar bisa memberikan rasa aman, bersih dan sehat bagi lingkungan hidup,” tegasnya.  

    Sehingga dengan keluarnya Perwali ini diharapkan kepada seluruh pelaku usaha atau penyedia kantong plastik untuk keperluan usahanya berkewajiban menyediakan kantongan yang ramah lingkungan atau alternatif kantong atau tas ramah lingkungan yang berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) seperti dituangkan oleh Kementerian yang membidangi Lingkungan Hidup. 

    Sedangkan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan berkewajiban mensosialisasikan kepada seluruh pelaku usaha dan masyarakat secara berkesinambungan. Untuk masyarakat luas diharapkan berperan aktif mengurangi menggunakan kantong plastik dengan cara pengawasan sosial secara bersama–sama. 

    “Selain untuk pelaku usaha pengurangan menggunakan kantong plastik, peran serta masyarakat luas juga diharapkan baik melalui program kemitraan untuk meningkatkan kepedulian dalam pengurangan kantong plastik,” tutup Jaang. (kmf5)

Penulis: Afdani

Jaang: Kebakaran, Bukan Hanya Tugas Pemadam

Berita Sebelumnya

Jaang ‘Warning’ Bukan Hanya Seremonial

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar