108 Kali

SAMARINDA. Festival Mahakam XVIII tahun 2018 telah berlangsung meriah dan sukses, selama 3 hari di 13 venue sebanyak 30 acara. Tidak hanya masuk dalam 100 wonderfull event Indonesia dan Go Internasional dengan dihadiri delegasi seniman dari Spanyol, Perancis dan Italia.


Pada puncaknya kemarin, tidak hanya terpusat di sungai dengan diisi lomba berenang melintasi sungai Mahakam sebagai ikon utama Festival Mahakam ditambah kemeriahan lomba lainnya, seperti balap perahu tambangan, power boating, perahu naga, perahu dompeng dan jetski.


Di sisi darat kemeriahan budaya tergambar dalam parade budaya nusantara, dimana tahun ini nuansa pembedanya di Parade 1.000 mandau diikuti 1.200-an peserta se-Kalimantan, kemudian ada parade pencak silat, kirab drumband dan barisan offroader Borneo Offroad Adventure Lamin to Lamin.


Mandau, raksasa bobot 80 Kg dengan panjang 3 meter  menjadi primadona pada parade 1.000 mandau yang diikuti seluruh suku besar Dayak se-Kalimantan.


Pemanis lainnya di parade budaya kemarin, tim budaya Spanyol Grupo De Baile Sur De Andalucia ikut memeriahkan Parade Budaya. Bahkan pada malam minggu mereka juga ikut tampil di panggung budaya dengan menari Flamenco disaksikan langsung Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan isteri Puji Setyowati.


Tidak hanya itu, walikota juga menyaksikan Mahakam Jazz di halaman Hotel Haris, yang diikuti juga Nita Aartsen Quattro feat Sebastian dari Perancis dan Mike Montolli dari Italia.


Walikota Samarinda mengapresiasi kegiatan festival Mahakam tahun ini, terlebih dengan kehadiran delegasi dari 3 negara, dengan harapan akan terus memperkuat pariwisata di kota Samarinda.


Senada juga Tazbir Abdullah dari Kementerian Pariwisata yang hadir sejak pembukaan hingga berakhirnya kegiatan.


"Tidak salah Tim 100 Wonderfull event Indonesia memasukannya sebagai kalender event pariwisata nasional. Begitu meriah acaranya dan kental budaya," ucap Tazbir.


Begitu pula dengan anggota DPR RI Hetifah yang ikut menyaksikan beberapa event festival tahun ini. (kmf2)


Penulis: Doni

Jaang Motivasi Orang Tua Pentingnya Bahasa Asing untuk Anak

Berita Sebelumnya

Festival Mahakam ke 18 Resmi Dibuka. Sabtu dan Minggu Bakal Banyak Pertunjukan Budaya hingga Aksi di Atas Sungai Mahakam

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar