78 Kali

SAMARINDA. “Lanjutkan perjuangan kami”. Singkat tapi penuh makna sebuah pengharapan besar yang dilontarkan dengan tegas oleh para veteran yang ikut menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73 tahun 2018 di lingkungan Pemkot Samarinda di halaman parkir Balaikota, Sabtu (10/11) pagi.


Upacara ini rutin digelar tiap tahunnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk kemerdekaan Indonesia, termasuk yang dinikmati sekarang ini di kota Samarinda berkat perjuangan para pahlawan.


Bertindak selaku Inspektur Upacara pagi itu, Plh Sekda Samarinda Burhanuddin yang juga Asisten III Setkot Samarinda. Burhanuddin juga memimpin mengheningkan cipta untuk memberi penghormatan kepada arwah pahlawan dan mendoakan serta mengenang jasa-jasa perjuangan heroik pahlawan.


Membacakan sambutan resmi Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Burhanuddin menyebutkan di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur.


Dikatakannya, prosesi peringatan hari Pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik ini juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan Negara Indonesia di luar negeri.


“Peringatan ini bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari,” ucap Burhanuddin masih membacakan sambutan Mensos RI.


Setiap zaman, lanjutnya, pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. “Bangsa Indonesiaa memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada  bidangnya untuk memajukan negeri,” tandasnya.


Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, Mensos mengajak berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. “Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara. Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. ” tutur Mensos masih disampaikan Burhanuddin.


Pada akhir upacara disampaikan paket bantuan kepada para veteran oleh Pemkot Samarinda yang diserahkan Plh Sekda Samarinda. Terpisah, Asisten II Endang Liansyah mewakili walikota menghadiri upacara yang sama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, sekaligus tabur bunga dipimpin Gubernur Kaltim Isran Noor. (kmf2)


Penulis: Doni

Menkeu Acung Jempol Implementasi Smart City. Tingkat Improvement Tertinggi, terpilih Narasumber FGD

Berita Sebelumnya

Sambut BPS RI, Diskominfo Perkenalkan SiPessut

Berita Selanjutnya

Yang Lain di Berita PPID

Tinggalkan Komentar